Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Dinanti Jokowi di Istana

Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020
Sumber :
  • NOC Indonesia

VIVA – Menpora Zainudin Amali memastikan kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 yang sudah tiba di Tanah Air akan mendapat jamuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Hal itu disampaikan oleh Amali dalam konferensi pers penyambutan kedatangan kontingen Indonesia yang terakhir di kantornya pada Kamis dini hari WIB 5 Agustus 2021.

Dalam sambutannya, Amali mengucapkan terima kasih kepada para atlet yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Kontingen Indonesia berhasil membawa pulang satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Raihan itu membuat Indonesia bangga kepada mereka. Di mana perjuangan menjadi pemenang tidaklah mudah dijalani oleh para atlet.

"Saya atas nama Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh kontingen Indonesia, baik para atlet, pelatih, dan tenaga pendukung yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang tertinggi olahraga, yakni Olimpiade Tokyo yang kita sudah jalani," kata Amali.

Dikatakan Amali, nantinya para kontingen Indonesia akan diundang datang ke Istana Negara oleh Jokowi. Tapi dia tidak menyebutkan dengan pasti tanggal pertemuan dengan Presiden tersebut.

Untuk komunikasi lebih lanjut, mereka akan melakukannya dengan Rosan P Roeslani selaku Chief de Mission (CdM) Olimpiade Tokyo 2020. Harapan dari Amalgi, semoga agenda tersebut bisa dijadwalkan dengan lancar.

"Insyaallah bapak Presiden akan menerima langsung kedatangan kontingen Indonesia di Istana Negara. Nanti akan diinformasikan kepada CdM dan mudah-mudahan semuanya akan lancar," tuturnya.

Medali emas satu-satunya diraih Indonesia melalui perjuangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari cabang olahraga bulutangkis nomor ganda putri. Lalu ada lifter Eko Yuli Irawan yang menyumbangkan medali perak.

Dua lifter Indonesia lainnya, Rahmat Erwin Abdullah dan Windy Cantika Aisah menyumbangkan medali perunggu. Kemudian ditambah oleh Anthony Sinisuka Ginting dari tunggal putra bulutangkis.