DKI Jakarta Tagetkan Juara Umum PON 2012

Menpora Kukuhkan Kontingen Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews  -  Ketua Umum KONI DKI Jakarta Winny Erwindia mengatakan, DKI Jakarta bertekad menyabet gelar juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau yang akan digelar September 2012 mendatang. Menurutnya, target tersebut sangat realistis jika melihat torehan prestasi atlet-atlet DKI yang ikut dalam SEA Games XXVI November kemarin.

Dari 226 atlit DKI yang ikut terlibat membela Merah Putih di ajang SEA Games kemarin, KONI Pusat mencatat sebanyak 49 emas, 43 perak, dan 43 perunggu merupakan medali yang dpersembahkan oleh atlet-atlet Jakarta. Dengan prestasi tersebut, DKI juga dinobatkan menjadi provinsi terbanyak penyumbang medali untuk Indonesia di SEA Games tersebut.

"Kami mencanangkan tekad untuk bisa menjadi juara umum di ajang PON XXVI Riau, September 2012 mendatang. Kami bangga dengan prestasi yang dicapai atlet-atlet DKI dalam SEA Games kemarin. Prestasi ini yang kami harapkan dapat terus ditingkatkan dalam PON mendatang," ujar Winny Erwindia di kantor KONI DKI Jakarta, Jumat 9 Desember 2011.

Menurut Winny, target juara umum PON tersebut sangat realistis digapai kontingen DKI Jakarta mengingat potensi atlet-atlet DKI di banyak cabang olahraga dinilai besar. Dari 509 nomor yang dipertandingkan, DKI setidaknya harus bisa mengoleksi 125 emas dari berbagai cabang olahraga, atau di atas 20 persen dari medali yang diperebutkan.

"Kami memiliki peluang yang sangat besar di beberapa cabang olahraga. Di cabang aerosport seperti terbang layang, terjun payung, gantole, paralayang kami juga unggul. Lalu bulutangkis, wushu, silat untuk nomor seni, softball, basket, tennis, juga sport aerobik dan renang. DKI juga unggul di loncat indah, renang indah, balap sepeda dan tentu juga boling. Saya kira realistis jika kami juara umum," ujar Winny.

Ketua Harian KONI DKI Jakarta, Eddy Widodo menambahkan, saat ini DKI telah memanggil kembali atlet-atlet mereka yang berlaga di ajang SEA Games kemarin untuk segera mengikuti pelatda kembali bersama atlit lain yang dipersiapkan untuk PON. Eddy mengatakan, secara keseluruhan program pelatda DKI tersebut sudah berjalan sejak 2009 yang lalu.

"Kami sudah mempersiapkan pelatda sejak 2009 lalu. Karena sebagian atlit ikut masuk skuad SEA Games, mereka kemarin pulang, dan akan kembali masuk pelatda mulai besok. Dengan adanya program pelatihan jangka panjang seperti ini, kami harap hasil yang didapat mereka akan lebih optimal," ujar Eddy.

Eddy mengatakan, saat ini DKI Jakarta memiliki sebanyak 851 orang atlet lapis I yang telah matang dipersiapkan menyongsong PON mendatang. Sementara untuk atlit lapis II yang lebih junior, kontingen DKI saat ini memiliki sebanyak 237 atlit. Menurut Eddy, atlet-atlet lapis II tersebut sengaja dipersiapkan sebagai bagian program regenerasi yang dicanangkan KONI DKI.

"Mereka bagian dari pembinaan usia muda kami. Kami memang terus menggali potensi atlet-atlet asli Jakarta mulai usia muda. Kami juga mempersiapkan mereka yang muda-muda, selain juga memantau kontingen Popnas dan Pomnas untuk direkrut menjadi bagian kontingen DKI masa depan," ujar Eddy. (eh)