Perjuangan Juara UFC Asal China Bertahan di Tengah Wabah Virus Corona

Juara kelas straw UFC, Zhang Weili
Sumber :
  • DAZN

VIVA – Juara kelas straw wanita Ultimate Fighting Championship, Zhang Weili, memiliki perjalanan pelik dalam persiapannya menuju pertarungan melawan Joanna Jedrzejczyk, 7 Maret 2020 mendatang. Zhang harus berlatih di tengah ancaman virus corona Covid-19 yang menghantam negaranya.

Awalnya, Zhang mendapat banyak permintaan dari publik untuk tak memaksakan bertarung di Las Vegas, Amerika Serikat, dalam duel UFC 248 itu. Zhang dikhawatirkan publik sudah terpapar dan bisa membawa virus tersebut ke Negeri Paman Sam.

Namun, Zhang menolaknya. Memang terbukti, Zhang sehat dan bisa melalui segala macam pola latihan keras yang disiapkan timnya.

Zhang sejatinya tak melakoni pemusatan latihan di China. Karena virus corona, Zhang harus berpindah-pindah tempat latihan.

Semua dilakukan agar kesehatan Zhang tak terancam. Salah satu negara yang sempat disambangi untuknya saat menyiapkan diri adalah Thailand.

"Banyak orang yang minta saya menarik diri dari pertarungan karena persiapan tak normal. Saya selalu meyakinkan diri, 'Saya Bisa!'. Hasilnya bisa dilihat sendiri," kata Zhang dilansir DAZN News.

"Kini, saya sudah di Las Vegas. Jadi, yang paling penting adalah percaya pada dirimu," lanjutnya.

Diakui oleh Zhang, tak mudah bertahan dari serangan wabah virus corona. Pindah kamp latihan memang jadi solusi.

Namun, Zhang sadar sewaktu-waktu virus tersebut bisa sampai kamp yang disambanginya dan harus pindah lagi ke tempat lainnya.

"Karena virus di China, persiapan saya begitu sulit. Selalu, saya berurusan dengan jetlag. Thailand, beda dua jam dengan Beijing, lalu Abu Dhabi. Suhu dan cuaca di dua tempat itu berbeda, karena Beijing dingin. Thailand panas dan lembab, tapi Abu Dhabi, kering. Artinya, saya begitu lelah. Satu-satunya istirahat berkualitas adalah saat berada di pesawat," terang Zhang.