Skandal Olahraga, Mike Tyson Dahului Luis Suarez soal Gigit-gigitan

Aksi Mike Tyson menggigit telinga kanan Evander Holyfield
Sumber :
  • The Undefeated

VIVA –  Bomber Atletico Madrid, Luis Suarez terkenal dengan aksi kontroversialnya menggigit pemain lawan. Sepanjang kariernya, pemain asal Uruguay ini sudah tiga kali melakukan aksi nyeleneh tersebut.

Kejadian pertama berlangsung pada 20 November 2010, saat Suarez masih membela Ajax Amsterdam. Suarez mengigit bahu pemain PSV Eindhoven, Otman Bakkal. Suarez dihukum 7 pertandingan karena ulahnya.

Suarez kembali menjadi vampir pada 21 April 2013, kali ini saat membela Liverpool. Entah mengapa, dia menggigit lengan bek Chelsea, Branislav Ivanovic. Ini membuatnya mendapat hukuman 10 pertandingan.

Dua kali mengigit lawan tak membuat Suarez jera. Dia mengulangi perbuatannya itu saat membela Uruguay di Piala Dunia 2014, saat menghadapi Italia di penyisihan Grup D, 24 Juni 2014.

Suarez menggigit bahu bek Italia, Giorgio Chiellini. Ini membuatnya mendapat hukuman berat, larangan tampil dalam 9 laga internasional.

Baca juga: Skandal Olahraga, Luis Suarez si Vampir Penggigit Lawan

Ternyata jauh sebelum Suarez, aksi gigit-gigitan sudah dilakukan legenda tinju Amerika Serikat, Mike Tyson. The Iron Mike menggigit lawannya, Evander Holyfield dalam pertarungan di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada, 28 Juni 1997.

Ini menjadi pertarungan ulangan setelah Tyson dan Holyfield bertemu pada 9 November 1996. Di ronde ketiga, Tyson melakukan aksi yang membuat terkejut pecinta tinju dunia.

Bukan cuma sekali, Tyson sampai dua kali mengigit telinga Holyfield. Holyfield menjerit kesakitan. Daging di telinganya tercabut dalam gigitan Tyson.

Akibatnya, Tyson pun didiskualifikasi. Holyfield berhasil mempertahankan gelar kelas berat WBA, gelar yang direbutnya dari Tyson tujuh bulan sebelum pertarungan kontroversial itu berlangsung.

"Saya kesal. Dia menanduk saya di ronde kedua. Lalu, dia lihat saya lagi, tanduk saya lagi. Tak ada pengurangan poin. Ini karier saya. Apa yang harus saya lakukan? Saya punya anak yang harus dibesarkan. Dia terus menanduk kepala saya," kata Tyson dilansir Rolling Stones.

Holyfield Ajak Tarung Ulang
Holyfield rupanya masih belum bisa melupakan insiden tersebut. Dia mengajak Tyson tarung ulang tak lama setelah sang legenda melakoni comeback melawan Roy Jones Jr, 28 November 2020 silam.

"Ini pertarungan yang harus terjadi di antara kita. Sabtu malam kamu bilang kamu siap untuk melawanku, jadi tanda tangani kontrak dan naik ring, Tyson. Dunia sedang menunggu dan sekarang ada padamu. Saya siap," kata Holyfield, dikutip The Sun.

Photo :
  • MMA Fighting

Holyfield ngotot pertarungannya melawan Tyson harus terwujud. Dia menyebut pertemuannya dengan Tyson sangat ditunggu pecinta tinju dunia pada tahun ini.

"Pihak saya mencoba membuat pertarungan terjadi dan kami tidak punya apa-apa selain alasan. Roy Jones adalah lawan lokal yang baik untuk Mike tetapi pertarungan dengan saya akan menjadi peristiwa global dan satu-satunya pertarungan yang ingin dilihat siapa pun," ucapnya.

"Sekarang saya bisa melihat mengapa dia menginginkan pertarungan tune-up sebelum berpikir untuk melawan saya. Sekarang, sama sekali tidak ada alasan mengapa kita tidak harus mewujudkannya," sambungnya.

Mau tahu skandal yang menyeret para atlet dunia lainnya? Skandal Olahraga akan hadir setiap harinya. Simak terus di VIVA.co.id.