Heboh Timbang Badan One Pride FN 42, Lawan Ade Permana Kegemukan

Juara kelas atom One Pride, Ade Permana
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Timbang badan jelang One Pride Mixed Martial Arts Fight Night 42 telah dilakukan, Jumat 19 Februari 2021. Terdapat satu kendala pada timbang badan kali ini.

Pasalnya, berat badan Imam Solikhin, yang bakal bertarung dengan Ade Permana dalam partai perebutan sabuk juara kelas atom, melebihi batas yang telah ditentukan.

Beratnya mencapai 50,7 kg. Lebih 2,7 kg dari batas normal yang ditetapkan untuk kelas atom. Padahal, batas maksimal kelebihan berat badan hanya dua kilogram.

Kondisi ini langsung jadi perhatian Ketua Umum Komite Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI), Anindra Ardiansyah Bakrie. Ardi sangat menyayangkan karena ini adalah salah satu sikap tidak profesional dari seorang petarung.

"(Kelebihan) itu melebihi batas atas dari yang diperbolehkan KOBI untuk menjalankan partai perebutan sabuk juara. Maka itu, apabila saat timbang badan lagi masih kegemukan, maka partai tersebut harus dibatalkan," kata Ardi dalam siaran langsung bersama Kabar Arena tvOne.

"Ini adalah sikap tidak profesional dari seorang petarung apalagi untuk partai penting. Kami masih berharap pada saat timbang badan lagi, beratnya tak lebih dari dua kilogram agar pertarungan bisa dilaksanakan," jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Dewan Juri One Pride, Max Metino, menegaskan jika Ade Permana masih mau melanjutkan pertarungan ini andai berat lawannya memenuhi batas yang ditentukan. Namun, jika tidak, mereka hanya akan tampil tanpa memperebutkan sabuk juara.

"Ya, lawan dari Ade Permana kegemukan. Bukan hanya dua kilogram tapi hampir tiga kilogram. Ini sangat signifikan karena terjadi di kelas atom. Sebab, perbedaan sedikit saja sangat terlihat," ujar Max ketika dihubungi VIVA.

"Tapi, Ade Permana masih mau melanjutkan dengan syarat. Dia meminta berat badan lawannya sudah turun. Jika beratnya masih belum masuk ketentuan, berarti partai perebutan sabuk juaranya dibatalkan," lanjut dia.

Timbang badan akan dilakukan kembali pada pagi ini, Sabtu 20 Februari 2021, pukul 07.00 WIB. Sementara, siaran langsung One Pride FN 42 akan dimulai pada pukul 22.00 WIB.

Berikut hasil timbang badan One Pride FN 42:

Partai perebutan sabuk juara kelas atom 48,0 kg
Ade Permana (47,7 kg) vs Imam Solikhin (50,7 kg)

Partai perbaikan peringkat kelas welter 77,1 kg
Rudy Gunawan (76,8 kg) vs Natalex Munster (76,9 kg)

Partai perbaikan peringkat kelas ringan 70,3 kg
Tri Suwarno (69,6 kg) vs Andre Setyawan (69,7 kg)

Partai perbaikan peringkat kelas straw wanita 52,2 kg
Nurul Azizah (47,9 kg) vs Dwi Retno (51,9 kg)