On This Day: Brutal, Mike Tyson Sahkan Status Sebagai Raja KO

Legenda tinju dunia, Mike Tyson
Sumber :
  • Metro

VIVA – Mike Tyson memasuki masa-masa keemasan di era 1980-an. Saat itu, dia dikenal sebagai petinju garang dan sering menghabisi lawan dengan kemenangan KO.

Salah satu kemenangan terbrutal Tyson terjadi pada 30 Mei 1986 di Las Vegas Hilton, Nevada, Amerika Serikat. Iron Mike berhadapan dengan Pinklon Thomas dengan mempertaruhkan dua gelar juara dunia kelas berat versi WBA dan WBC.

Dilansir Big Fight Weekeend, awalnya Thomas diharapkan bisa memberikan perlawanan. Sebab rekornya lumayan bagus, yakni 29 menang, sekali imbang dan sekali kalah.

Namun, nyatanya di atas ring, Tyson begitu brutal. Dia bahkan sudah nyaris memetik kemenangan di ronde pertama. Dalam 40 detik tersisa di ronde tersebut, Tyson mengejutkan lawannya dengan kombinasi hook kiri dan kanan.

Di ronde-ronde selanjutnya, Thomas mampu bertahan dari serangan Tyson. Dia menggunakan jab kirinya untuk membuat Tyson tak bergerak dan mencuri kesempatan untuk melakukan pukulan.

Namun, di ronde keenam Tyson mengamuk. Dia memberikan 15 pukulan tanpa henti. Thomas terjatuh di kanvas untuk kali pertama dalam karier provesionalnya.

Wasit Carlos Padilla Jr sudah bersiap menghitung sampai 10. Namun, pelatih Thomas, Angelo Dundee masuk ke ring. Padilla pun menghentikan pertarungan dan menyatakan Tyson menang dengan technical knockout (TKO).

Hasil tersebut membuat Tyson mencatat rekor mengerikan. Dia menyapu bersih kemenangan dalam 30 pertarungan, 27 di antaranya lewat KO.

Dua bulan berselang, Tyson sukses mengalahkan Tony Tucker dalam 12 ronde, sekaligus menyabet gelar versi IBF. Tyson dinyatakan sebagai Undisputed champions kelas berat yang pertama.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id