Ngeri, Anthony Joshua Tak Bisa Melihat Usai Dihancurkan Oleksandr Usyk

Anthony Joshua
Sumber :
  • REX

VIVA – Petinju kelas berat asal Inggris, Anthony Joshua harus kehilangan gelarnya usai dikalahkan Oleksandr Usyk

Joshua yang memegang sabuk juara kelas berat WBA, IBF, WBO, dan IBO, takluk dari Usyk, penantang gelar wajib dari WBO, di Tottenham Hotspur Stadium, Inggris, Minggu dini hari WIB, 26 September 2021.

Usyk yang mendominasi pertarungan menang dengan keputusan mutlak 117-112, 116-112, 115-113.

Kemenangan ini membuat Usyk menjadi petinju ketiga yang mampu merengkuh gelar juara dunia di kelas jelajah dan kelas berat.

Usyk juga sukses menjaga rekor sempurna dalam 18 pertarungan. Sementara bagi Joshua ini menjadi kekalahan kedua dalam 24 pertarungan yang sudah dilakoni dalam karier profesionalnya.

Usai pertarungan melawan Usyk, Joshua harus dibawa ke rumah sakit dengan dugaan kerusakan rongga mata.

Promotor Eddie Hearn mengatakan, Joshua tidak bisa melihat sejak ronde kesembilan, karena bengkak di bagian matanya.

“Dia dibawa ke rumah sakit. Saya tidak tahu apakah rongga matanya rusak, itu tidak terlihat bagus," kata Eddie Hearn, dikutip The Sun.

"Dia bilang dia tidak bisa melihat setelah ronde kesembilan. Kekuatannya telah hilang sejak itu dan hanya hati yang membuatnya tetap berdiri di ronde ke-12," sambungnya.

Sementara itu, Mantan juara kelas menengah super Inggris Carl Froch yang menjadi komentator pada pertarungan itu mengatakan kerusakan pada wajah AJ tampak signifikan tetapi tidak serius.

Froch menambahkan dia merasa AJ telah menunjukkan "terlalu banyak rasa hormat" kepada Usyk yang gerakan kepala dan ring craftnya merupakan faktor kunci saat Usyk merebut sabuk juaranya.