MotoGP Digelar Tanpa Penonton Bikin Rossi Lebih Leluasa

Valentino Rossi
Sumber :
  • Instagram/@valeyellow46

VIVA – Pembalap senior, Valentino Rossi, merasakan hal yang berbeda saat dirinya menjalani tes seri perdana MotoGP di Sirkuit Jerez. Hal ini berkaitan dengan protokol kesehatan yang diterapkan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Situasinya berbeda, ada yang menjadi lebih buruk dan ada juga yang lebih baik untuk beberapa hal. Segalanya sedikit lebih sulit karena kami harus selalu mengenakan masker, bahkan dalam rapat sekaligus," ungkap Rossi dikutip dari Speedweek, Jumat 17 Juli 2020.

Pernyataan yang diungkapkan Rossi tentunya menjadi gambaran tentang kondisi yang terjadi di Sirkuit Jerez, jelang balapan pembuka MotoGP akhir pekan ini. Mengingat pandemi jauh dari kata usai, Rossi pun mengaku, harus bisa membiasakan diri dengan situasi baru seperti ini.

Namun, di lain sisi, Rossi merasa, lebih leluasa untuk bepergian ke paddock lain tanpa privasinya terganggu. Sebab, MotoGP 2020 dipastikan akan digelar tanpa penonton di setiap serinya.

"Tapi, sekarang sangat sepi, dan tidak ada penggemar di sini. Ini luar biasa, karena saya bisa berjalan bolak-balik ke paddock," ujarnya.

"Saya terakhir melakukan hal semacam ini pada 1997. Dalam hal itu lebih santai. Sekarang saya harus bisa beradaptasi, dan itu pasti ada kelebihan atau kekurangannya," ucapnya.

Lebih lanjut, Rossi angkat bicara mengenai jadwal MotoGP musim ini yang mengalami perubahan drastis. Menurutnya, kalender MotoGP 2020 dipastikan menguras keringat pembalap karena sempitnya jeda antar seri.

"Akan menarik untuk melihat apa yang terjadi pada balapan kedua jika Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bekerja dengan motor masing-masing. Tapi, kami sudah benar-benar siap, dan saya sudah berlatih keras dalam satu setengah bulan terakhir untuk merasa bugar," tutup Rossi

Setelah dua balapan secara beruntun digelar di Jerez, hajatan MotoGP akan terbang ke Austria untuk menjalani seri berikutnya di Sirkuit Spielberg. Setelah itu, Misano, Aragon, dan Valencia. Situasi ini pastinya akan menjadi pengalaman baru bagi pembalap.

Baca Juga: FP1 MotoGP Spanyol, Marquez Tercepat Rossi Terlempar di Posisi 13