Drama Marc Marquez di MotoGP Spanyol, Tampil Kesetanan Akhirnya Jatuh

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Instagram/@motogp

VIVA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez gagal menjejak garis finis pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu malam WIB 19 Juli 2020. Dia mengalami kecelakaan usai berusaha tampil maksimal.

Pembalap SRT Yamaha, Fabio Quartararo yang menempati pole position harus turun ke urutan empat saat memulai lomba. Posisinya direbut oleh andalan Monster Yamaha, Maverick Vinales.

(Baca juga: MotoGP Spanyol, Marc Marquez Kehilangan Kendali dan Posisinya Melorot)

Menempel ketat di belakang Vinales ada Marquez. Dia tak membiarkan Vinales dengan leluasa menempati posisi terdepan.

Memasuki putaran ketiga, Marquez berhasil merebut posisi terdepan dari Vinales. Saling pacu kecepatan motor dari kedua pembalap membuat persaingan semakin seru.

Sayangnya pada putaran keempat, sebuah kesalahan dilakukan Marquez. Pembalap berjuluk The Baby Aliens kehilangan kendali atas motornya dan keluar dari lintasan.

Insiden itu terjadi saat memasuki tikungan keempat Sirkuit Jerez. Meski tidak sampai jatuh dari motor, tapi posisinya melorot hingga ke urutan 17.

Vinales kembali menguasai posisi terdepan pada balapan kali ini. Sedangkan tempat kedua direbut oleh Quartararo yang terus memacu kecepatan.

Upaya Quartararo mendapatkan posisi terdepan membuahkan hasil positif pada putaran delapan. Dia bisa terus memimpin hingga pertengahan lomba dan diikuti oleh Jack Miller dari Pramac Ducati.

(Baca juga: Fabio Quartararo Sabet Pole Position MotoGP Spanyol)

Sedangkan Marquez secara cepat bisa kembali memacu motornya dengan maksimal. Satu per satu pembalap lain dilewati, sampai akhirnya posisi delapan direbutnya dari Valentino Rossi.

Pembalap asal Spanyol itu benar-benar menggila di putaran ke-17. Dua pembalap sekaligus dia berhasil lewati demi mendapatkan posisi keenam.

Saat Marquez sedang bersinar, nasib malang dialami oleh Rossi. Dia harus mengakhiri balapan pada putaran ke-19 karena motornya bermasalah.

Ketika balapan memasuki putaran ke-20, Marquez kembali menjadi sorotan. Dia berhasil merebut posisi keempat setelah melewati Pol Espargaro dan Andrea Dovizioso.

Dengan kepercayaan diri yang meningkat, Marquez seolah sulit dibendung. Posisi tiga besar berhasil direbutnya dari Miller pada putaran ke-21.

Sial bagi juara dunia MotoGP 2019 tersebut. Bernafsu melewati Vinales yang ada di urutan kedua, dia malah terjatuh dan tak bisa melanjutkan lomba.

Hingga balapan berakhir, Quartararo berhasil menjadi juara pertama. Tempat kedua jadi milik Vinales, dan Dovizioso jadi yang tercepat ketiga.