Mengerikan, Marquez dan 3 Tumbal di MotoGP Spanyol 2020

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • twitter.com/MotoGP

VIVA – Seri pembuka MotoGP 2020 langsung memakan tumbal. Marc Marquez menjadi pembalap ketiga yang mengalami nasib tragis di MotoGP Spanyol, Minggu malam WIB, 19 Juli 2020.

Kesialan pembalap Repsol Honda itu sejatinya sudah terendus di putaran keempat. Marquez kehilangan kendali dan keluar lintasan hingga tercecer ke posisi ke-17 dari posisi kedua.

Marquez sempat bangkit dan berhasil melewati lawan-lawannya di depan, hingga akhirnya menembus posisi tiga besar kembali. Namun, perjuangan Marquez berakhir saat balapan menyisakan empat putaran dari total 25 putaran yang diperlombakan.

Pada kejadian ini, Marquez tak mampu melawan takdir. Dia kehilangan kendali atas motor dan terpelanting begitu keras sampai harus segera dilarikan ke ruang medis Sirkuit Jerez.

Sempat terlihat Marquez diberi pertolongan oleh tim medis. Bagian lehernya diberi alat bantu, dan itu menimbulkan persepsi ada yang bermasalah.

Benar saja, dia mengalami patah tulang lengan kanan bagian atas dan harus menjalani operasi. Pihak tim Honda sendiri belum bisa memastikan lama pemulihan pembalapnya.

Marquez bukanlah tumbal satu-satunya di MotoGP Spanyol 2020. Dua pembalap lainnya adalah, Alex Rins dan Cal Crutchlow. Namun berbeda dengan Marquez, kedua pembalap tersebut lebih dulu menjadi tumbal.

Alex Rins mengalami cedera yang hampir sama dengan Marc Marquez. Pembalap Suzuki Ecstar itu mengalami cedera saat mempertajam waktu lap terbaiknya pada sesi kualifikasi. Hingga akhirnya, dia harus melewatkan seri perdana musim ini

Sedangkan Crutchlow mengalami crash hebat ketika melakoni sesi warm up. Pembalap LCR Honda tersebut didiagnosa mengalami trauma leher. 

Kecelakaan itu sangat membuat Crutchlow sedih, karena seharusnya dia start dari posisi keenam di MotoGP Spanyol 2020. Crutchlow mencatatkan waktu satu menit 37,454 detik, atau lebih lambat 0,749 detik dari Fabio Quartararo yang merebut pole position. 

Di sisi lain, pembalap SRT Yamaha, Fabio Quartararo menjadi pemenang dalam balapan ini. Dia finis dengan catatan waktu 41 menit 23,796 detik. Rider 21 tahun itu itu mengungguli Maverick Viñales, dan Andrea Dovizioso.