Marquez Kembali ke Jerez, Berpeluang Tampil di MotoGP Andalusia 2020

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Instagram/@motogp

VIVA – Tim Repsol Honda resmi mengumumkan pembalap andalan mereka, Marc Marquez kembali ke Sirkuit Jerez, Spanyol, Kamis 23 Juli 2020.

Marquez telah menjalani operasi patah tulang humerus atau lengan atas kanan di Barcelona, Selasa kemarin. Operasinya berjalan lancar, Dokter Xavier Mir yang menangani Marquez menanam sekrup atau pelat ke lengan pembalap asal Spanyol itu. 

"Setelah menjalani operasi yang sukses pada Selasa, Marc Marquez menuju kembali ke Jerez," tulis Repsol Honda melalui Twitter. 

Marquez dikabarkan nekat untuk tampil pada sesi latihan bebas pertama MotoGP Andalusia, Jumat 24 Juli 2020, demi bisa balapan di MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, Minggu 26 Juli 2020.

Ambisi Marquez untuk tampil di MotoGP Andalusia 2020 ada di tangan tim medis MotoGP. Jika lolos tes kesehatan, ia bisa tampil. 

Namun, jika gagal lolos tes medis yang dilakukan malam ini, Marquez harus menunda hasratnya sampai di MotoGP Ceko pada 9 Agustus 2020.

"Juara dunia delapan kali saat ini menuju ke Sirkuit Jerez di mana dia akan menjalani tes medis pada 13.30 siang (waktu setempat), dengan harapan dinyatakan fit oleh tim medis MotoGP hingga dia bisa berpartisipasi di MotoGP Andalusia 2020," bunyi pernyataan resmi MotoGP.

Marquez sebelumnya mengalami kecelakaan hebat di MotoGP Spanyol pada Minggu 19 Juli 2020. Kecelakaan mengerikan yang dialami Marquez terjadi ketika balapan tersisa tiga putaran lagi. 

Saat itu, Marquez sedang berduel dengan Maverick Vinales demi memperebutkan posisi terdepan. Saat melewati tikungan keempat, Marquez kehilangan kendali atas motornya. 

Praktis, motornya terbanting, tubuh The Baby Alien terbang dan terguling-guling ketika sampai di area gravel.

Di sisi lain, Dr. Xavier Mir sebenarnya sempat memberikan sinyal bahwa Marquez segera comeback setelah kecelakaan itu. Memang, dia tidak menganjurkan Marquez tampil di MotoGP Andalusia, namun, Xavier menyatakan tidak kaget jika Marquez sudah pulih saat balapan minggu depan.

"Orang biasa butuh delapan pekan untuk pulih dari cedera ini. Jika beruntung, enam pekan. Kami akan melihat kondisi Marquez. Dia dan sejumlah pembalap MotoGP mengejutkan saya dengan waktu pemulihan, karena mereka mampu menjalani rehabilitasi lebih cepat," ucapnya.

Baca Juga:

Jaga Nyawa Adik dari Serangan Anjing, Bocah Ini Raih Gelar Tinju WBC
Mencekam, Detik-detik Mike Tyson Bertarung Lawan Harimau
Mengerikan, Raja KO Mata Putih Siap Ladeni Mike Tyson