3 Seri MotoGP Batal karena Virus Corona

Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand
Sumber :
  • VIVA/Donny Adhiyasa

VIVA – Tiga seri MotoGP dipastikan batal akibat pandemi virus corona COVID-19. Tiga seri tersebut adalah MotoGP Argentina, Thailand, dan Malaysia.

Angka kasus virus corona di Argentina memang terbilang tinggi. Setidaknya, Argentina memiliki 191.302 kasus virus corona dengan total kematian mencapai 3.543 jiwa.

Sementara, Thailand dan Malaysia sebenarnya sudah cukup rendah kasusnya. Thailand memiliki 3.312 kasus dengan tambahan dua kasus baru per hari ini, dan total kematian mencapai 58 jiwa.

Sedangkan, ada 8.976 kasus di Malaysia dengan 125 kematian dari jumlah keseluruhan kasus.

Meski begitu, Dorna tetap mengambil jalan paling aman dengan membatalkan seri di Thailand dan Malaysia. Dengan batalnya tiga seri ini, MotoGP 2020 dipastikan hanya akan digelar di Eropa saja.

"Dalam perkembangannya, kami bersama promotor telah mengonfirmasi Sirkuit Internasional Chang, akan menggelar balapan MotoGP hingga 2026. Sementara, Dona sedang bekerja sama dengan promotor Argentina dan Malaysia untuk menentukan balapan yang tertunda di 2021," begitu pernyataan resmi Dorna dikutip NBC Sports.

Dengan batalnya tiga seri ini, MotoGP harus menggelar satu balapan tambahan, dengan berlokasi di Eropa. Keputusan baru akan diumumkan pada 10 Agustus 2020 nanti.