Juara MotoGP Ceko, Pembalap Afrika Selatan Catatkan Sejarah

Pembalap Red Bull KTM, Brad Binder
Sumber :
  • instagram.com/bradbinder

VIVA – Pembalap Red Bull KTM, Brad Binder mencatatkan sejarah dalam ajang MotoGP. Mengaspal di Sirkuit Brno, Minggu malam WIB 9 Agustus 2020 dalam MotoGP Ceko, dia keluar sebagai juara.

Binder menjadi yang tercepat dalam melahap 21 lap Sirkuit Brno. Dia tampil trengginas sejak awal lomba, bersaing dengan dua pembalap SRT Yamaha, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo.

(Baca juga: Nasib Sial di MotoGP Ceko, Gagal Finis karena Disenggol Lawan)

Memulai balapan dari posisi ketujuh, sejak awal Binder bisa menembus posisi atas. Dia sempat kesulitan menembus halangan dari Quartararo yang mengisi urutan kedua.

Tapi perlahan pembalap asal Afrika Selatan itu mendapatkan momen emas dan dimanfaatkan secara maksimal. Lalu posisi terdepan dia rebut dari Morbidelli.

Ketika memimpin, Binder tak lagi memberi kesempatan kepada para pesaing untuk menyalipnya. Hingga gelar juara untuk kali pertama di MotoGP diraih oleh pembalap berusia 24 tahun tersebut.

Raihan ini terasa spesial bukan cuma untuk Binder seorang. Karena Red Bull KTM juga merasakan gelar juara MotoGP untuk kali pertama.

(Baca juga: Baru Permulaan, 2 Pembalap Kecelakaan di MotoGP Ceko)

Podium kedua MotoGP Ceko menjadi milik Morbidelli. Sedangkan yang ketiga diraih pembalap Reale Avintia oleh Johann Zarco.

Bagi Zarco, podium ketiga ini dilalui dengan drama. Karena sebelumnya dia menyenggol pembalap Red Bull KTM, Pol Espargaro hingga terjatuh dan tak bisa melanjutkan lomba.

Dia sempat menjalani hukuman long lap penalty karena insiden tersebut. Beruntung posisi ketiga masih bisa diamankan.