Repsol Honda Hanya Butiran Debu Tanpa Marc Marquez

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • twitter.com/HRC_MotoGP

VIVA – Dalam empat musim terakhir, dominasi Repsol Honda di ajang balap MotoGP sulit dibendung. Marc Marquez selalu menjadi juara dunia pada 2016 hingga 2019.

Namun, peta persaingan musim ini berubah. Semua bermula dari cedera parah yang dialami Marquez usai kecelakaan fatal di MotoGP Spanyol yang digelar di Sirkuit Jerez, pertengahan Juni lalu. Kecelakaan tersebut membuat tangannya patah.

Marquez pun harus menjalani operasi pada tulang humerus kanan. Kondisi ini membuat pembalap asal Spanyol ini harus absen dalam MotoGP Andalusia dan Republik Ceko.

Tanpa Marquez, ternyata Repsol Honda benar-benar kelimpungan. Sang adik, Alex Marquez rupanya belum bisa menggantikan peran sang kakak. Demikian juga dengan Stefan Bradl yang ditunjuk sebagai pembalap pengganti.

Di MotoGP Spanyol, Marquez yang kecelakaan jelas gagal mendapatkan poin. Hal ini diperburuk dengan Alex yang hanya mampu finis di posisi ke-12.

Lalu pada seri kedua, Repsol Honda hanya mengandalkan Alex Marquez. Pembalap 24 tahun ini finis di posisi ke-8.

Di MotoGP Ceko, Alex hanya mampu menempati posisi 15. Sedangkan Bradl yang menjadi pembalap pengganti menempati posisi 18 atau juru kunci.

Dalam klasemen pembalap, Alex Marquez menempati posisi 13 dengan 18 poin. Bradl di posisi 21 dengan 0 poin, lalu Marc Marquez juga belum memiliki poin. Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo masih aman di puncak dengan 59 poin.

Sedangkan dalam klasemen tim, Repsol Honda terpuruk di posisi ke-10 dengan 13 poin. Mereka tertinggal jauh dari Petronas Yamaha SRT yang sudah mengumpulkan 90 poin.

Selanjutnya, para pembalap akan tampil di MotoGP Austria pada 16 Agustus 2020. Sampai saat ini, belum diketahui apakah Marc Marquez sudah bisa tampil. Jika belum, tentunya Repsol Honda harus kembali bekerja ekstra keras di Sirkuit Red Bull Ring nanti.

Baca juga:

Musim Depan Repsol Honda Pisahkan Marquez Bersaudara

Ternyata, Hal Konyol Ini yang Bikin Marquez Naik Meja Operasi Lagi

Hasil MotoGP Ceko: Rossi Urutan 5, Pengganti Marquez Paling Buncit