Valentino Rossi Nilai Quartararo Lebih Jago Atasi Masalah Motor Yamaha

Pembalap Petronas Yamaha, Valentino Rossi di latihan bebas MotoGP Qatar 2021.
Sumber :
  • crash.net

VIVA – Pembalap senior, Valentino Rossi, mengakui bahwa suksesornya di tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mampu tampil lebih darinya dalam balapan di seri perdana MotoGP 2021.

Meski Rossi sempat memberikan kejutan dengan menjadi yant tercepat keempat saat sesi kualifikasi MotoGP Qatar. Mengawali balapan dari baris grid kedua, tentu membuat peluangnya untuk meraih podium semakin terbuka.

Akan tetapi, pada kenyataannya, Rossi justru terlempar dari 10 besar. Pembalap asal Italia itu tak menampik bahwa ia harus menghadapi sejumlah masalah dengan ban belakannya yang mengalami degradasi lebih cepat dari perkiraan.

Masalah tersebut ternyata tak hanya dialami oleh Rossi, karena Quartararo juga menderita kendala yang serupa. Kendati demikian, Rossi mengakui, perfoma Quartararo lebih jago, lantaran bisa finis di posisi kelima ketimbang dirinya yang hanya menempati urutan ke-12.

"Saya berbicara dengannya (Quartararo) setelah balapan (MotoGP Qatar). Fabio mengalami masalah serupa. Fabio juga sedikit berbeda dari Maverick (Vinales). Jadi, data ini sangat penting untuk dipahami dengan lebih baik. Fabio punya masalah serupa, tapi dia bisa lebih jago dari saya," ujar Rossi, seperti dikutip Speedweek.

"Saya mengalami masalah di awal balapan, setelah tujuh atau delapan lap saya berada dalam masalah besar dan harus mengemudi lebih lambat. Makanya, kami akan memfokuskan semua pekerjaan pada aspek ini. Kami harus mencoba meningkatkan umur ban belakang, karena saya pikir kami bisa lebih cepat dari pekan lalu," ucapnya.

Rossi pun bertekad untuk memperbaiki kesalahan tersebut saat menjadi seri kedua musim ini di MotoGP Doha yang juga akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada akhir pekan ini.