Bukan Sensasi Jika Marc Marquez Bisa Naik Podium di MotoGP Portugal

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.
Sumber :
  • Instagram/@marcmarquez93

VIVA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dipastikan akan comeback pada MotoGP Portugal, di Sirkuit Algarve, Portimao, yang dijadwalkan pada 16-18 April 2021. Itu artinya, pembalap pengganti Marc Marquez, Stefan Bradl, bakal kembali ke perannya sebagai pembalap penguji dan cadangan.

Bahkan, Bradl sudah terbang ke Sevilla, Spanyol, untuk menjalani tes Honda Racing Corporation (HRC) pada 12-14 April 2021 di Sirkuit Jerez. Bradl pun mengaku, tidak begitu terkejut Marc Marquez bisa lebih cepat setelah mengalami cedera yang begitu panjang.

"Saya tidak terkejut soal rencana comeback Marc karena saya sudah tahu sebelumnya. Alberto Puig (manajer Repsol Honda) sudah memberi tahu saya sedikit lebih awal," kata Bradl, seperti dikutip Speedweek, Minggu 11 April 2021.

"Saya berharap Marc kembali ke Portugal karena dia nyaris comeback di Qatar. Bagi saya, tidak masalah dia kembali saat seri balapan apa," ujarnya.

Lebih lanjut, Bradl menambahkan, bahwa Sirkuit Algarve merupakan lintasan yang menuntut konsentrasi. Akan tetapi, dua pekan kemudian, MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez tantangannya juga tidak mudah.

"Di sana (Sirkuit Algarve), Anda tidak punya waktu istirahat. Rute yang sekarang membuat program di Eropa tidak semuanya mudah, bahkan di Le Mans. Pada balapan MotoGP jelas tidak linyasa yang tidak membuat tuntutan ekstrem. Jadi, semakin cepat Marc comeback, itu berarti semakin baik," ucapnya.

"Jika dia harus memiliki taji dalam kejuaraan dunia ini, dia memiliki peluang lebih baik setelah dua balapan absen daripada setelah tiga balapan absen. Meskipun, peluangnya sangat tipis," tuturnya.

Absenya Marc memang membuat performa HRC di lintasan MotoGP tidak begitu cemerlang. Maka dari itu, Bradl cukup yakin jika comeback Marc nanti akan memberikan angin segar bagi HRC. Sebab, Marc pastinya telah melakukan persiapan matang sebelum comeback.

"Percayalah kepada saya, dia seorang profesional sejati. Tentu saja, ini tantang baru baginya, karena dia tidak pernah mengalami ini sebelumnya. Tapi, saya yakin Marc telah banyak memikirkan kapan dan bagaimana dia akan kembali selama beberapa bukan terakhir," katanya.

"Terpenting adalah dia tetap fit dan kompetitif lagi secara bertahap untuk mendapatkan momentumnya. Namun, jika Marc naik podium di Portimao akhir pekan ini, saya tidak akan terkejut, dan itu bukan merupakan sensasi bagi saya," ujar juara Moto2 2011 tersebut.