Marc Marquez Pertahankan Rekor Selalu Juara di Sirkuit Sachsenring

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.
Sumber :
  • Instagram/@hrc_motogp

VIVA – Balapan seri kedelapan MotoGP 2021 berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada Minggu malam WIB, 20 Juni 2021. Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, sukses meraih podium sekaligus kemenangan perdananya di MotoGP Jerman 2021 sejak pulih dari cedera.

Marc Marquez mampu bersaing di papan atas usai memaksimalkan celah pada Johann Zarco (Pramac Racing), Jack Miller (Ducati Lenovo Team), dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). pada pengujung lap pertama.

Padahal, pembalap asal Spanyol itu belum dalam keadaan terbaiknya untuk mengendarai motornya dengan kencang di sirkuit. Dia masih dalam pantauan tim dokter selepas menjalani operasi di bagian lengan.

Sementara itu, Zarco yang memulai balapan dari posisi paling depan tidak mempertahankannya dan terus turun hingga urutan kelima. Hal yang sama juga terjadi pada Quartararo yang berbeda satu peringkat di bawah Zarco.

Sedangkan Miller yang berada di urutan keempat terus berusaha mengejar Marc Marquez, Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing), dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini), yang menempati posisi tiga besar. Urutan tiga besar itu kemudian bertahan hingga balapan memasuki lap kesepuluh.

Memasuki pertengahan balapa ataun lap ke-15, Marc Marquez tetap bertahan memimpin balapan dengan perbedaan jarak sekitar 1,9 detik dari posisi kedua yang dihuni Oliveira. Tersisa 10 lap, Marquez dan Oliveira meninggalkan para pembalap lain di posisi teratas.

Adapun posisi ketiga diisi oleh Quartararo setelah berhasil mengungguli Miller dan Espargaro. Sedangkan peringkat keenam ditempati Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) yang berhasil menyalip Zarco.

Balapan menjadi semakin menarik memasuki dari lap ke-26 hingga lap terakhir. Sebab, Oliveira mulai mendekati Marquez hingga selisih jarak mereka kurang dari 1 detik.

Namun, Marquez kembali menjauh dari kejaran Oliveira di lap ke-28 dengan catatan waktu sekitar 1,2 detik. Di dua lap terakhir Marquez sudah tidak bisa terkejar setelah unggul 2 atas Oliveira.

Marquez akhirnya berhasil mempertahankan catatan positifnya saat mengaspal di Sirkuit Sachsenring sejak 2010 setelah mengalahkan Oliveira. Sejauh ini, dia sudah memenangi 11 balapan di Sirkuit Sachsenring di semua kelas.

Sementara itu, posisi ketiga MotoGP Jerman 2021 ditempati oleh Quartararo, disusul oleh rekan setim Oliveira, Brad Binder yang finis di urutan keempat.

Berikut hasil lengkap MotoGP Jerman 2021, seperti dikutip Crash:

  1. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
  1. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
  1. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
  1. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
  1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)
  1. Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)
  1. Aleix EspargaroITA Aprilia Gresini (RS-GP)
  1. Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)
  1. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
  1. Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
  1. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
  1. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)
  1. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
  1. Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
  1. Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)
  1. Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)
  1. Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)
  1. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
  1. Maverick Vinales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

Gagal Finis

 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP)

 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)

 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)