Bertindak Rasis Terhadap Serena Williams, Media Australia Dikecam

Petenis Amerika Serikat, Serena Williams, saat memaki wasit
Sumber :
  • Reuters / USA Today

VIVA – Media massa Australia, Herald Sun, mendapat kecaman dari publik. Sebab, mereka dituding sudah melakukan tindakan rasis terhadap petenis Amerika Serikat, Serena Williams.

Herald Sun menayangkan sebuah gambar animasi yang menunjukkan Serena sedang marah. Dia menginjak-injak raketnya karena kecewa terhadap wasit.

Gambar itu  merupakan sebuah refleksi dari drama yang terjadi pada final US Open 2018, Minggu 9 September 2018 dini hari WIB. Serena dinyatakan kalah dari petenis Jepang, Naomi Osaka.

Sebabnya, Naomi mendapatkan tambahan poin karena wasit melihat Serena melakukan komunikasi dengan pelatih saat pertandingan berjalan. Hal itu dilarang dalam tenis.

Akan tetapi, Serena menolak keputusan wasit itu. Dia melakukan protes sampai mengeluarkan kata-kata kasar.

Alhasil, wasit menghukumnya lagi dengan dinyatakan kalah dalam satu set. Dengan begitu, pertandingan dimenangkan oleh Naomi.

Polemik pun terjadi akibat dari insiden tersebut. Tak sedikit penggemar Serena, termasuk nama-nama tenar yang membela.

Herald Sun yang menganggap isu ini menarik pun ikut ambil bagian. Mereka mengkritik balik sikap Serena dan pendukungnya yang terlalu banyak berbicara.

Padahal secara peraturan, Serena memang melanggar karena mengeluarkan kata-kata makian kepada wasit.

Sayangnya, ada satu kesalahan yang dibuat oleh Herald Sun. Mereka menggambarkan sosok Naomi dengan kulit putih dan berambut pirang. Padahal, dia merupakan keturunan Haiti yang kebetulan kulitnya agak hitam.

Bukan cuma itu, dalam gambar tertera juga tulisan percakapan wasit dengan Naomi yang tendensinya menyindir. "Bisakah Anda membiarkan dia (Serena) menang."

Dengan gambar tersebut, kemudian banyak yang mempersepsikan Herald Sun hendak menggerogoti nama besar Serena. Kecaman pun akhirnya berdatangan kepada mereka. (one)