Reputasi Apik Hendra/Ahsan Jadi 'Energi' Tim Piala Sudirman Indonesia

Skuat Indonesia di ajang Piala Sudirman 2019
Sumber :
  • PP PBSI

VIVA – Tim bulutangkis Indonesia akhirnya menunjuk duet ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sebagai kapten dan wakil kapten skuat Merah Putih pada gelaran Piala Sudirman 2019.

Kematangan sebagai pemain senior dan segudang pengalaman di pentas bulutangkis dunia jadi pertimbangan dipilihnya juara All England 2019 itu menjadi kapten tim Indonesia.

Duet berjuluk The Daddies tersebut nantinya diharapkan bisa mengayomi para atlet yang menjadi tulang punggung skuat Merah Putih.

"Piala Sudirman adalah kejuaraan beregu campuran. Kalau di pertandingan beregu, penampilan anak-anak secara kualitas memang lebih baik. Untuk itu, dibutuhkan satu figur yang bisa menyatukan mereka semua dan Hendra yang dibantu Ahsan dengan pengalaman dan dari sisi kepribadiannya bisa memberikan pengayoman, ketenangan dan kenyamanan kepada anggota tim semua. Itu kesan kami memilih Hendra dan Ahsan sebagai kapten dan wakil kapten," ungkap Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto dalam konferensi pers Pelepasan Tim Piala Sudirman 2019.

"Dari pengalaman kami membawa tim, bagaimana caranya bisa membuat tim itu solid, kompak dan interaksi komunikasi bisa berjalan baik, karena kalau sudah (berangkat) ke sana, faktor teknis itu cukup berperan, tapi yang lebih banyak berperan itu faktor non teknis," ujar Achmad Budiharto.

Sebelumnya, di kejuaraan Piala Thomas 2018, Hendra juga menjadi kapten tim. Sedangkan Greysia Polii menjadi kapten tim Piala Uber 2018.

Perkuat tim Piala Sudirman 2019, Hendra/Ahsan mengaku persiapan mereka tak terlalu panjang, karena mereka baru saja kembali dari kejuaraan New Zealand Open 2019 dan mereka keluar sebagai juara.

"Buat kami persiapannya nggak terlalu banyak, karena baru pulang dari New Zealand. Beberapa hari ini kami dimaksimalkan oleh pelatih dari segi teknik dan fisik. Yang penting dari kami harus selalu jaga kekompakkan," ujar Ahsan dalam konferensi pers.

"Nggak berat sih jadi wakil kapten, kan ada koh Hendra, jadi nanti saling membantu saja," tutur Ahsan. (mus)