Hajar Ranking 4 Dunia, Jonatan Christie Bentrok Vs Ginting di Final

Jonatan Christie.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Chou Tien Chen gagal ke final Australian Open 2019, akibat ditumbangkan Jonatan Christie di duel penuh dendam di babak semifinal.

Duel Jojo dan Chou baru saja dilangsungkan di lapangan 1, Quay Centre, Sydney, Australia, Sabtu sore, 8 Juni 2019.

Dalam duel itu, Chou harus mengakui kehebatan Jojo. Dia dikalahkan dalam laga yang berlangsung melalui rubbergame.

Jojo bermain sangat baik, terbukti di awal gim pertama dia mampu memimpin perolehan poin 7-10. Namun, Chou sempat menyalip setelah mendapatkan 6 poin beruntun pada kedudukan 13-10.

Mendekat pengujung gim, tensi pertandingan semakin tinggi, apalagi setelah Jojo berhasil menyamakan angka 13-13. Reli poin pun terjadi.

Juara New Zealand Open 2019 itu sempat memiliki peluang untuk mencuri kemenangan setelah unggul 18-20. Sayang, tertunda karena Chou berhasil mengejar dan menciptakan deuce. Akhirnya di menit 22, Jojo memaksa Chou untuk tunduk dengan angka tipis 20-22.

Meski kalah di gim pertama, di gim Chou tak menyerah. Setelah sempat tertinggal melalui 1 poin pembuka dari Jojo. Chou mengganas, 5 poin beruntun diraihnya dengan mudah untuk mengubah skor jadi 5-1.

Bahkan, saat waktu istirahat, juara Korea Open 2018 itu berhasil unggul jauh dari Jojo dengan poin 11-3. Usai jeda, Jojo berhasil memangkas jarak selisih poin jadi cuma tersisa 4 poin saja pada kedudukan 14-10.

Akhirnya tepat menit ke 42 ,Chou merebut kemenangan gim kedua dengan angka sangat telak 21-13, kemenangan itu sekaligus memaksa Jojo untuk menguras tenaga lagi dalam gim tambahan.

Kekalahan di gim kedua memaksa Jojo untuk tampil habis-habisan dim terakhir. Sejak awal gim dia langsung berusaha menekan Chou, dan 2 poin pembuka pun didapat untuk keunggulan 0-2. Bahkan dia sempat unggul 3-6.

Sayangnya, Jojo tak dapat menjaga jarak keunggulannya, terlihat dia mulai kelelahan. Imbasnya, Chou bisa memperkecil jarak, hingga jeda istirahat dengan poin 10-11.

Usai jeda, dalam posisi poin rapat, ranking 4 dunia itu semakin bersemangat, beberapa kali dia berhasil menyamakan angka. Mulai dari 11-11 dan 13-13.

Mendekati akhir pertandingan, giliran Chou yang mulai kehabisan tenaga, kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Jojo untuk memborong poin, dan Jojo berhasil melejitkan angka jadi 14-19. Akhirnya di menit 68 Jojo memastikan tiket ke final dengan kemenangan 16-21.

Dengan kemenangan ini maka Jojo bentrok dengan rekan senegara, Anthony Sinisuka Ginting. Sebelumnya Ginting lolos  ke final usai mengalahkan rekan senegara Chou, yaitu Wang Tzu Wei dengan angka 21-17 dan 21-14.

Di Australia Open 2019 ini sepak terjang Jojo sebenarnya sangat baik. Bahkan, dia mampu lolos ke semifinal setelah merobohkan raja raksasa tunggal putra dunia, Lin Dan. Pemegang 5 gelar juara dunia dan dua medali emas Olimpiade itu tak berdaya dipecundangi dalam 2 gim.

Seharusnya jika dilihat dari catatan pertemuan kedua pemain, memang Jojo diprediksi bakal bisa mengalahkan Chou. Sebelum duel ini, mereka sudah 6  kali bertarung dan Chou baru sekali bisa mengalahkan Jojo, yaitu di Sudirman Cup 2019. Di 5 pertemuan sebelumnya Chou dihajar Jojo tanpa ampun.

Baca: Gawat, Praveen/Melati Bentrok Vs Raksasa Asia di Final Australian Open