Hancurkan Raja Eropa, Jonatan Christie ke Semifinal Japan Open

Jonatan Christie vs Anders Antonsen di Japan Open 2019.
Sumber :

VIVA – Jonatan Christie lolos ke semifinal BWF World Tour Super 750, Japan Open 2019 setelah mengalahkan raja bulutangkis Eropa, Anders Antonsen.

Dalam duel yang dilangsungkan di Musashino Forest Sport Plaza 1, Tokyo, Jepang, Jumat Pahing, 26 Juli 2019, Jojo menghabisi Anders dalam dua gim.

Sejak pertandingan dimulai, juara Indonesia Masters 2019 itu terus menekan pertahanan Jojo, terbukti juara Australian Open 2019 itu dibuat kewalahan dan dengan mudahnya Anders menjebol pertahanan Jojo dengan smes-smes keras. Dan Anders berhasil unggul jauh 2-6.

Namun, mendekati jeda turun minum Anders beberapa kali membuat kesalahan sendiri sehingga menguntungkan Jojo dan pada menit ke-6 kedudukan menjadi imbang dengan poin 6-6.

Untuk pertama kali pada menit 12 Jojo berhasil membalikkan keunggulan dengan angka 10-9. Bahkan, jelang jeda Jojo berhasil menggandakan keunggulan setelah mendapatkan 1 poin dari hasil melepaskan smes beruntun ke jantung pertahanan Anders. Angka di papan skor berubah jadi 11-9.

Setelah unggul, Jojo mulai lepas dari tekanan dan kini berhasil mengontrol pertandingan, sebuah smes tipisnya mendarat mulus dan menambah keunggulan Jojo jadi 12-9. Sayang sekali, Jojo membuat 2 kesalahan sehingga angka kembali rapat pada kedudukan 12-11.

Jojo mendapatkan 1 poin cuma-cuma setelah Anders melakukan kesalahan servis. Dan 2 poin dari hasil dua kali serangan smes keras ke tubuh peraih medali emas di European Games 2019, Jojo pun unggul 4 angka, 15-11.

Mendekati akhir gim, Jojo terlihat sangat percaya diri, apalagi setelah beberapa smes kerasnya membuahkan hasil. Akhirnya di menit 21 Jojo merebut kemenangan dengan poin 21-12.

Kekalahan di gim pertama membuat ranking 8 dunia itu berusaha merebut kemenangan di gim kedua. Sejak awal dia langsung menekan Jojo. Memang Andes sempat unggul tapi karena kesalahan yang diperbuatnya akhirnya malah Jojo yang berbalik unggul pada angka awal 3-2.

Di menit 26, Jojo melepaskan smes keras ke badan Antonsen. Tapi tiba-tiba Anders berhasil mengembalikan bola keras itu, dan bola melayang menyentuh net dan menembus pertahanan Jojo, Anders pun menyamakan angka jadi 3-3.

Tekanan demi tekanan dari Jojo membuahkan hasil, 3 angka beruntun diraih dengan mudah dan Jojo unggul 6-3. Setelah unggul, Jojo mulai kehilangan konsentrasi, 2 poin disumbangkan untuk Anders karena dua smes Jojo tersangkut di net. Poin pun berubah 6-5.

Jojo kembali melebarkan keunggulan setelah mendapatkan 2 angka hasil dari kesalahan Anders. Perolehan poin pun bergerak ke angka 8-5. Dan di jeda gim kedua ini Jojo kembali unggul 11-9.

Selepas jeda, 2 smes keras Jojo memporakporandakan pertahanan Anders. Jojo pun melejitkan poin jadi 13-9.

Tak sampai di situ, Jojo terus menggempur dengan smes keras. Alhasil, dia berhasil melambungkan angka 16-11.

Jojo terlihat mulai kehabisan tenaga, dengan mudah Anders mendapatkan beberapa angka. Tak cuma itu Jojo juga gagal memukul bola tanggung, kedudukan pun berubah pada skor 18-14.

Memasuki waktu krusial giliran Anders yang tampak kelelahan dan kehilangan konsentrasi, akhirnya di menit 46 Jojo merebut kemenangan kedua dengan poin 21-14

Di semifinal nanti akan berhadapan dengan pemain Denmark lainnya, Jan O Jorgensen. Pemain senior ini baru saja lolos ke semifinal usai memenangkan duel derby senegara melawan Rasmus Gemke.

Baca: Gilas Pebulutangkis Malaysia, Kevin/Marcus Lolos Semifinal Japan Open