Fakta Mengejutkan Raja Raksasa Bulutangkis Dunia Usai Gantung Raket

Legenda bulutangkis China, Lin Dan.
Sumber :
  • Instagram: Lin Dan

VIVA – Raja raksasa bulutangkis dunia, Lin Dan memutuskan pensiun. Ia mengumumkan gantung raket pada Sabtu, 4 Juli 2020 melalui media sosial. 

Lin Dan sudah berkarier selama 20 tahun. Beberapa prestasi pun ia torehkan, dari dua kali peraih emas di Olimpiade hingga lima kali juara dunia. 

"Dari tahun 2000 sampai 2020, setelah 20 tahun saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit untuk mengatakan dengan lantang," kata Lin Dan dikutip dari Xinhua. 

Fakta lain terkuak dari sosok Lin Dan, usut punya usut ternyata Lin Dan punya bakal lain di bidang olahraga. Ya, ternyata Lin Dan juga lihai dalam mengolah si kulit bundar.

Lewat akun Instagramnya, Lin Dan pernah mengunggah foto ketika ia bermain bola. Layaknya seorang pemain profesional, Lin Dan pun memposting beberapa foto.

"Langsung ke depan," tulis Lin Dan dalam foto menggiring bola dikutip VIVA, Senin 13 Juli 2020.

Belakangan diketahui, Lin Dan mengungkapkan alasannya untuk pensiun. Ia realistis bahwa tak bisa dipungkiri faktor fisik dan cedera membuatnya mengambil keputusan tersebut. 

"Di usia 37 tahun dan kondisi fisik serta cedera membuat saya tidak lagi memungkinkan untuk bersaing. Ada rasa terimakasih, keengganan dan frustrasi. Saya berharap dapat menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga saya dan juga mencari 'kompetisi' baru," ucapnya.

Sekadar informasi, di sektor tunggal putra bulutangkis, Lin Dan menjadi salah satu 'Top Four Kings'. Tiga lainnya adalah, Taufik Hidayat (Indonesia), Peter Gede (Denmark), Lee Chong Wei (Malaysia).

Baca juga: Aksi Memukau Raja Raksasa Bulutangkis Dunia Usai Pensiun