Ngeri, Penghancur Maharatu Bulutangkis Dunia Bikin 2 Gadis RI Terkapar

VIVA Bulutangkis: Tunggal putri Thailand, Pornpawee Chochuwong.
Sumber :
  • Instagram: Pornpawee Chochuwong

VIVA – Virus Corona atau COVID-19 makin mengerikan, hingga Senin, 21 Juli 2020 total 89.869 positif di Indonesia. Pemerintah terus berupaya menekan angka penyebaran virus tersebut.

COVID-19 juga berdampak pada turnamen bulutangkis dunia. Terakhir digelar adalah BWF World Tour Super 1000 All England Open 2020 pada Maret lalu.

Para pebulutangkis dunia masih menjalani masa libur mereka. Meski demikian, latihan tetap berlanjut dan aktivitas olahraga lainnya mereka lakukan secara mandiri.

Mengulas apa yang terjadi sebelum COVID-19 menggila, ada kisah mengerikan dari penghancur maharatu bulutangkis dunia, Pornpawee Chochuwong. Ia sukses mempecundangi dua tunggal putri Indonesia sekaligus.

VIVA Bulutangkis mencatat, dua tunggal putri Indonesia yang dihabisi Pornpawee sebelum COVID-19 makin parah adalah Ruselli Hartawan dan Fitriani.

Badminton Asia Team Championships 2020 (11-16 Februari) jadi kenangan manis bagi Pornpawee, namun kisah pilu bagi Ruselli. Kala itu Pornpawee sukses mempecundangi Ruselli di laga grup Y. Secara dramatis Pornpawee menang lewat drama rubbergame.

Kemudian, di ajang BWF World Tour Super 300 Thailand Masters, giliran Fitriani jadi korban keganasannya. Kala itu, Pornpawee menggasak Fitriani dua game langsung.

Meski rangkaian turnamen Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) belum ada yang digelar sejauh ini, namun kejutan juga sempat dicatatkan Pornpawee.

Secara mengejutkan ia berhasil merengkuh gelar juara di BWF World Tour Super 300, Spain Masters 2020. Pebulutangkis Thailand itu menghajar Carolina Marin dalam final membara, Minggu 23 Februari 2020. 

Berlaga di di Vall d'Hebron Olympic Sports Centre, Barcelona, Spanyol, Pornpawee menang lewat drama rubbergame dari pemegang tiga gelar juara dunia tersebut.

Fakta Menarik Pornpawee

Ada fakta menarik dari suksesnya Pornpawee menjadi juara di Negeri Matador itu. Pertama, gelar juara ini merupakan gelar pertamanya di 2020.

Fakta menarik kedua, selama 2020, final yang dilakoni Pornpawee juga final pertama yang dilakoninya. Sejak awal BWF World Tour dihelat, mulai dari Malaysia Masters, ia selalu kandas di babak 32 besar. 

Selanjutnya, fakta menarik ketiga adalah, keduanya pernah berjumpa di Thailand Masters 2020. Pada babak 16 besar itu, Carolina justru menghancurkan Pornpaweee dua game langsung.

Meski demikian, pebulutangkis 22 tahun itu, memiliki rekam jejak ciamik di 2019. Ia kerap menembus perempatfinal dan semifinal  di berbagai ajang rangkaian BWF World Tour. 

Thailand Masters 2019, Pornpawee tembus ke semifinal. Ia menghancurkan Busanan Ongbamrungphan juga wakil Thailland dua game langsung.

Indonesia Masters 2019, Pornpawee tembu ke perempatfinal, kala itu ia berhadapan dengan Saina Nehwal. Perjuangan Pornpawee kandas setelah kalah dua game langsung.

Begitu juga dengan Malaysia Open 2019, ia kembali menembus perempatfinal. Pornpawee dihancurkan Akane Yamaguchi yang merupakan pebulutangkis top Jepang lewat drama rubbergame.

Thailand Open 2019, Pornpawee lolos ke semifinal, namun ia dihabisi seniornya, ratu bulutangkis Thailand, Ratchanok Intanon. Ponpawee kalah lewat drama rubbergame.

China Open 2019, Pornpawee lolos ke perempatfinal. namun hancur dua game langsung di tangan Chen Yu Fei dari China.

Baca juga: Maharatu Bulutangkis Dunia Ngamuk di Istora, Dara Muda Korsel Terkapar