Ade Resky Dwicahyo, Eks Pebulutangkis RI Bela Azerbaijan di Olimpiade

Tunggal putra Azerbaijan, Ade Resky Dwicahyo
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Olimpiade Tokyo 2020 dihelat pada 23 Juli hingga 8 Agustus. Cabang olahraga bulutangkis dipertandingkan pada 24 Juli-2 Agustus 2021.

Sederet pebulutangkis dunia siap unjuk gigi di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang. Salah satunya mantan pebulutangkis Indonesia, Ade Resky Dwicahyo.

Sempat membela Timnas Bulutangkis Indonesia, Pemain tunggal putra itu kini tampil membela Timnas Bulutangkis Azerbaijan.

Profil Ade

Dilansir dari berbagai sumber, Ade merupakan pebulutangkis kelahiran Kendari, 13 Mei 1998. Pria 23 tahun ini  sempat membela Indonesia di dua turnamen beregu yakni Kejuaraan Junior Asia dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada tahun 2016 lalu.

Hanya saja, di turnamen Kejuaraan Asia Junior 2016, Skuad Bulutangkis Indonesia yang diperkuat Ade kalah di perempatfinal dari tim Korea Selatan sehingga tak mendapatkan medali apapun.

Begitu juga di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2016, skuad Indonesia juga gagal meraih medali setelah terhenti di babak perempatfinal dan tak berhasil melaju ke babak semifinal.

Dua turnamen tersebut menjadi turnamen terakhir pebulutangkis Ade bersama Indonesia, karena setelah itu ia memilih membela tim Azerbaijan.

Pada 2018 lalu, pebulutangkis binaan klub PB Exist Jakarta tersebut berhasil naik podium di turnamen Kharkiv International Challenge yang diselenggarakan pada 29 Agustus-2 September 2018 lalu.

Tetapi di turnamen tersebut, Ade harus puas menjadi runner-up setelah di partai final dikalahkan oleh pebulutangkis Ceko, Jan Louda dua game langsung.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 ini, Ade tergabung di grup L. Ia satu grup dengan Anders Antonsen (Denmark), Tien Minh Nguyen (Vietnam).