Tim Thomas Indonesia Jangan Lengah, Awas Amukan Pebulutangkis Taiwan!

Tim putra Indonesia pada Piala Thomas 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Undian Piala Thomas dan Uber 2020 sudah rampung digelar Rabu sore, 18 Agustus 2021. Undian yang dihelat di markas besar Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) di Kuala Lumpur, Malaysia menempatkan tim Thomas dan tim Uber Indonesia di grup yang tidak bisa dibilang ringan.

Tim Thomas Indonesia yang menjadi unggulan pertama berada di grup A bersama Taiwan, Aljazair, dan Thailand. Taiwan dianggap bisa menjadi batu sandungan mengingat kekuatan materi pemainnya yang merata seperti tunggal putra Chou Tien Chen dan Wang Tzu Wei serta peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 sektor ganda putra Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Sementara itu, tim Uber Indonesia tergabung bersama Jepang, Jerman, dan Perancis. Juga di Grup A. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky menanggapi hasil undian tersebut.

Menurut Rionny, Indonesia memiliki kans juara grup di tim Thomas. Hanya saja tidak boleh lengah menghadapi Taiwan saat tempur nanti.

"Kans kami di grup A Piala Thomas, peluangnya untuk menjadi juara grup itu ada. Hanya saja tetap tidak boleh lengah, terutama saat berhadapan dengan tim Taiwan. Kekuatan mereka merata, apalagi ganda putranya (Lee Yang/Wang Chi Lin) baru mendapat medali emas Olimpiade," ujar Rionny dikutip dari situs resmi PBSI, Jumat 20 Agustus 2021. 

"Untuk Aljazair dan Thailand saya rasa kita bisa, tidak ada kendala. Kami mengincar posisi juara grup untuk menghindari bertemu lawan kuat di delapan besar seperti China, Denmark, dan Jepang. Setidaknya mengurangi tekanan dulu karena di delapan besar tekanan pasti jadi lebih besar," tambah Rionny.

Berikut hasil undian Piala Thomas:
Grup A:
Indonesia
Chinese Taipei
Aljazair
Thailand

Grup B:
Denmark
Korea Selatan
Perancis
Jerman

Grup C:
China
India
Belanda
Tahiti

Grup D:
Jepang
Malaysia
Kanada
Inggris

Berikut hasil undian Piala Uber:
Grup A:
Jepang
Indonesia
Jerman
Perancis

Grup B:
Thailand
India
Spanyol
Skotlandia

Grup C:
Korea Selatan
Chinese Taipei
Tahiti
Mesir

Grup D:
China
Denmark
Malaysia
Kanada