Torehan Emas Olimpiade Tambah Motivasi Pebulutangkis RI di Piala Uber

Pose kemenangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu pada kompetisi badminton ganda putri Olimpiade Tokyo 2020
Sumber :
  • vstory

VIVA – Undian Piala Thomas-Uber 2020 sudah rampung digelar Rabu sore, 18 Agustus 2021. Undian yang dihelat di markas besar Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) di Kuala Lumpur, Malaysia menempatkan tim Thomas dan tim Uber Indonesia di grup yang tidak bisa dibilang ringan.

Tim Thomas Indonesia yang menjadi unggulan pertama berada di grup A bersama Taiwan, Aljazair, dan Thailand. Taiwan dianggap bisa menjadi batu sandungan mengingat kekuatan materi pemainnya yang merata seperti tunggal putra Chou Tien Chen dan Wang Tzu Wei serta peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 sektor ganda putra Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Sementara itu, tim Uber Indonesia tergabung bersama Jepang, Jerman, dan Perancis. Juga di Grup A. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky menanggapi hasil undian tersebut.

Berbicara Tim Uber, menurut Rionny torehan medali emas yang diraih ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu menambah motivasi para pebulutangkis Indonesia lainnya.

"Untuk tim Uber, saya rasa Jerman dan Perancis ini tidak masalah lah. Kalau melihat kekuatan kita unggul. Medali emas Olimpiade dari ganda putri juga bisa menambah motivasi tim kita untuk lebih kuat," ujar Rionny dikutip VIVA Bulutangkis dari situs resmi PBSI, Jumat 20 Agustus 2021.

Lawan tangguh yang diprediksi Rionny adalah Jepang. Tak menutup kemungkinan Tim Uber bisa juara grup jika bisa mengatasi Jepang.

"Yang kita harus berjuang pasti lawan Jepang tapi tetap kalau bisa juara grup lebih baik. Kalau kita bisa manage yang bagus, kemungkinan kita bisa kalahkan mereka. Secara materi pemain kami sedang siapkan, di ganda kedua dan ketiga juga tiga tunggal putri," ungkapnya.

"Kalau kita lihat di Olimpiade kemarin tim Jepang bermain dengan tekanan yang sangat tinggi. Pelajarannya kita tidak boleh takut, mereka bisa kita kalahkan dengan persiapan yang baik, bermain dengan tenang dan memberikan tekanan pada mereka," kata dia.

Berikut hasil undian Piala Thomas.
Grup A:
Indonesia
Chinese Taipei
Aljazair
Thailand

Grup B:
Denmark
Korea Selatan
Perancis
Jerman

Grup C:
China
India
Belanda
Tahiti

Grup D:
Jepang
Malaysia
Kanada
Inggris

Berikut hasil undian Piala Uber.
Grup A:
Jepang
Indonesia
Jerman
Perancis

Grup B:
Thailand
India
Spanyol
Skotlandia

Grup C:
Korea Selatan
Chinese Taipei
Tahiti
Mesir

Grup D:
China
Denmark
Malaysia
Kanada