Skuad Bulutangkis Indonesia Pasang Target Tinggi di Piala Sudirman

Ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon di Piala Sudirman 2019
Sumber :
  • PP PBSI

VIVA – Undian babak penyisihan grup Piala Sudirman 2021 baru saja digelar. Sebanyak 16 negara partisipan diundi menjadi empat grup, dimana juara dan runner up setiap grup akan melaju ke babak perempatfinal. 

Ajang bulutangkis beregu campuran dunia tersebut rencananya akan dihelat pada 26 September hingga 3 Oktober 2021 di Kota Vantaa, Finlandia. Kota ini ditunjuk sebagai tuan rumah menggantikan Suzhou di China.

Indonesia yang ada di unggulan 3/4, menghuni grup C bersama Denmark, ROC (Russian Olympic Committee), dan Kanada. Ini akan menjadi pertemuan ke-10 Indonesia dengan Denmark di penyisihan grup Piala Sudirman. Sebelumnya kedua negara ini pernah saling bertemu di fase grup pada tahun 1993, 1995, 1997, 2001, 2003, 2007, 2015, 2017, dan 2019.

Untuk pertama kalinya Piala Sudirman dilangsungkan di tahun yang sama dan waktu yang berdekatan dengan gelaran Piala Thomas & Uber (9-17 Oktober 2021). Sejatinya, Piala Thomas & Uber digelar pada tahun genap atau tahun 2020 lalu tetapi karena pandemi COVID-19, ajang beregu putra dan putri itu harus ditunda satu tahun. Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) akhirnya memutuskan untuk menggelarnya tahun ini.

Meski Walau saling berdekatan, menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSi, Rionny Mainaky, Indonesia tetap menargetkan hasil terbaik untuk Piala Sudirman juga Thomas & Uber.

"Semua turnamen ini akan kami prioritaskan, baik Piala Sudirman maupun Thomas & Uber karena semuanya penting. Saya akan berusaha semaksimal mungkin dengan pelatih dan atlet. Walau waktunya berdekatan tapi ada jeda satu minggu antara Piala Sudirman dan Piala Thomas & Uber, saya rasa itu cukup untuk mengembalikan kondisi anak-anak," ujar Rionny dikutip VIVA Bulutangkis dari situs resmi PBSI, Jumat 27 Agustus 2021.  

"Dan saya yakin kita semua siap dan makin termotivasi. Prinsip saya, setiap turnamen targetnya harus juara. Semoga tahun ini Piala Sudirman bisa kita bawa kembali ke Indonesia," kata dia.

Berikut hasil undian lengkap Piala Sudirman 2021:

Grup A:
China
Thailand
Finlandia
India

Grup B:
Chinese Taipei
Korea Selatan
Tahiti
Jerman

Grup C:
Indonesia
Denmark
ROC (Russian Olympic Committee)
Kanada

Grup D:
Jepang
Malaysia
Inggris
Mesir