Piala Sudirman 2021, Momentum 'Penebus Dosa' Praveen/Melati

Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Olimpiade
Sumber :
  • badmintonindonesia.org

VIVA – Skuad bulutangkis Indonesia telah berangkat ke Finlandia dan siap tempur untuk merebut kembali Piala Sudirman 2021 yang telah lama tak pulang ke pangkuan Ibu Pertiwi. Mereka resmi dilepas berangkat ke Vantaa, Finlandia pada Selasa malam WIB, 21 September 2021.

Pelaksanaan turnamen Sudirman Cup 2021 sendiri tinggal menghitung hari, yang akan dihelat pada 26 September - 3 Oktober 2021.

Partai nanti bisa disebut momentum 'penebus dosa' bagi pebulutangkis Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Sebab, di Olimpiade Tokyo 2020 lalu mereka harus menelan pil pahit di sana.

Seperti diketahui, Praveen/Melati harus rela perjalanannya di Olimpiade Tokyo terhenti. Itu setelah mereka tumbang dari unggulan teratas asal China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

Tampil di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Rabu 28 Juli 2021, Praveen/Melati dipaksa menyerah dua gim langsung 17-21 dan 15-21 dalam duel selama 35 menit. Hasil ini membuat mereka tersingkir lebih cepat dan gagal melangkah ke semifinal cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Tokyo.

Mereka pun telah menyatakan permohonan maafnya pada masyarakat Indonesia. Pasalnya, mereka tak mampu meraih hasil maksimal dan mempertahankan peluang merebut medali emas.

"Pertama kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia, kami belum bisa memberikan hasil yang terbaik," kata Melati dalam rilis PBSI yang diterima VIVA.

"Kami sudah mencoba tapi hasilnya kurang memuaskan. Kami juga merasa kami tampil cukup baik hari ini dibanding dua hari lalu. Tetapi mereka (Zheng/Huang) memang jauh lebih baik," lanjut dia.

Kini, kesempatan keduanya untuk memperbaiki performa ada di depan mata. Tentu, diharapkan masing-masing bakal memberikan yang terbaik untuk Merah Putih, selamat berjuang Praveen/Melati!

Berikut daftar lengkap skuad tim Piala Sudirman Indonesia dikutip dari situs resmi PBSI:

Putra:
Anthony Sinisuka Ginting
Jonatan Christie
Shesar Hiren Rhustavito
Marcus Fernaldi Gideon
Kevin Sanjaya Sukamuljo
Mohammad Ahsan
Hendra Setiawan
Fajar Alfian   
Muhammad Rian Ardianto
Praveen Jordan
Rinov Rivaldy

Putri:
Gregoria Mariska Tunjung
Putri Kusuma Wardani
Ester Nurumi Tri Wardoyo
Greysia Polii
Apriyani Rahayu
Ribka Sugiarto
Siti Fadia Silva Ramadhanti
Melati Daeva Oktavianti
Pitha Haningtyas Mentari