Fakta Mengerikan Jonatan Christie dan Ginting Mundur dari French Open

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie
Sumber :
  • Badminton Photo

VIVA – Dua tunggal putra terbaik Indonesia, Anthony Ginting dan Jonatan Christie dipastikan tidak tampil di French Open pada 26-31 2021.

Absenya pebulutangkis peringkat lima dan tujuh dunia itu lantaran cedera. Hal itu diungkap oleh Pelatih tim tunggal putra Indonesia, Irwansyah

"Ginting (Anthony) dan Jojo (Jonatan Christie) tidak melanjutkan tampil ke turnamen Prancis Terbuka karena cedera," kata Irwansyah dalam pernyataannya melalui PBSI

Fakta mengerikannya, Ginting dan Jonatan Christie ternyata telah mengalami cedera saat membela Indonesia di ajang Thomas Cup 2020. Namun, mereka memaksa tampil demi membawa pulang gelar Piala Thomas ke Indonesia.

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di Piala Thomas

Photo :
  • Instagram: badminton.ina

Maka dari itu, Ginting dan Jojo juga tak dapat bermain maksimal di Denmark Open 2021, kedua pebulutangkis itu menyerah lebih dulu. 

Adapun Ginting harus pulang lebih awal saat pertandingan melawan Thomas Rouxel (Prancis) di babak 32 besar. 

Sedangkan Jojo memutuskan mundur usai rasa sakitnya tak tertahan lagi saat menghadapi raja bulutangkis Dunia, Kento Momota di babak perempatfinal.

Lebih mengerikan lagi, peraih medali emas Asian Games 2018 itu, bahkan sempat bermain dua gim melawan Momota 13-21, 0-15 sebelum akhirnya mundur.

"Ginting cedera saat lawan (Viktor) Axelsen di semifinal Piala Thomas 2020, sedangkan Jojo cedera di final melawan Li Shi Feng (China)," ujar Irwansyah

“Mereka ngotot dan tetap memaksakan diri saat bertarung di final. Motivasinya demikian besar untuk mengalahkan rasa sakit guna membawa Indonesia juara Piala Thomas," sambungnya.

Ginting dan Jojo pun pulang ke Indonesia dan menjalani pemulihan demi bersiap menghadapi tiga turnamen di Bali, yakni Indonesia Masters, Indonesia Open dan BWF Tour Finals 2021 pada November mendatang.

18 Pemain di French Open


PBSI telah merilis 18 pemain yang bakal tampil di French Open 2021. Shesar Hiren Rhustavito menjadi wakil satu-satunya di sektor tunggal putra. Begitu juga Gregoria Mariska Tunjung di nomor tunggal putri.

Dari nomor ganda putra ada Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/M Rian Ardianto, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Photo :
  • Mikael Ropars/Badminton Photo

Kemudian ada Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah di ganda putri.

Selanjutnya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti masih menjadi andalan di ganda campuran. Satu wakil lainnya yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Daftar Pebulutangkis Indonesia di French Open 2021 

Tunggal Putra 1. Shesar Hiren Rhustavito 

Tunggal Putri  1. Gregoria Mariska Tunjung 


Ganda Putra 
1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
2. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 
3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 
4. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin 


Ganda Putri 
1. Nita Violina Marwah/Putri Syaikah Ulima Hidayat 
2. Siti Fadia Silva Ramadanti/Ribka Sugiarto 


Ganda Campuran 
1. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti
2. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari