Ratu Bulutangkis Dunia Mundur dari Indonesia Masters dan Open 2021

Tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying.
Sumber :
  • Instagram: Tai Tzu Ying

VIVA – Ratu Bulutangkis Dunia, Tai Tzu Ying dipastikan tidak akan tampil dalam ajang BWF yang berlangsung di Bali.

Pebulutangkis rangking satu dunia asal Taiwan itu mundur dari Indonesia Masters dan Indonesia Open 2021 serta BWF World Tour Finals 2021 yang akan digelar di Bali, sebagaimana dikutip BadmintonTalk.

Indonesia Masters 2021 rencananya bergulir pada 16-21 November 2021. Sementara Indonesia Open akan digelar pada 23 hingga 28 November 2021 dan kemudian BWF Tour Final 2021 pada 1-5 Desember.

Mundurnya pebulutangkis 27 tahun dari Indonesia Masters dan Open 2021 semakin memperkuat rumor tentang dirinya bakal pensiun.

Sebelumnya, Tai Tzu Ying pernah melempar sinyal akan gantung raket usai Olimpiade Tokyo 2020.

Tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying di Olimpiade Tokyo 2020

Photo :
  • Tangkapan layar

"Olimpiade ini bisa menjadi turnamen mayor terakhir saya sebelum gantung raket," kata Tai Tzu Ying dalam wawancara dengan BWF untuk program Badminton Unlimited Juli lalu

"Saya belum memutuskan apakah saya akan lanjut bermain setelah Olimpiade tahun ini," sambungnya.

Sinyal itu memang semakin kuat setelah Tai Tzu Ying absen di beberapa ajang sesudah Olimpiade. Dia tidak tampil pada dua turnamen beregu, yakni Piala Sudirman dan Piala Uber.

Sementara di Olimpiade 2020 lalu, Tai Tzu Ying gagal meraih medali emas usai dikalahkan pebulutangkis China, Chen Yufei di partai final. Dia kalah dalam pertarungan sengit tiga gim 18-21, 21-19, dan 18-21.


Tanpa Penonton

Di sisi lain, tiga turnamen yang digelar di Indonesia ini dipastikan berlangsung tanpa penonton. Kepastian ini diketahui dari unggahan Kabid Hubungan Internasional PBSI Rudy Roedyanto di media sosial Twitter.

Sementara itu, Kabid Humas dan Media PBSI Broto Happy mengatakan tiga pertandingan BWF pada akhir tahun ini memang dikonsep dengan skema tanpa penonton, dan keputusan itu sudah resmi.