Kejutan, Fikri/Bagas ke Final All England Usai Tumbangkan Minions

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana di Indonesia Open 2021
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Jagoan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, menjalani "perang saudara" dengan menghadapi sesama wakil Tanah Air, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, pada semifinal BWF World Tour Super 1000 All England 2022.

Tampil di Utilita Arena Birmingham, Sabtu 19 Maret 2022, Marcus/Kevin harus merelakan tiket final jatuh ke juniornya setelah tumbang rubber game, 20-22, 21-13, dan 16-21 dalam duel selama 58 menit.

Ganda putra nomor satu dunia itu langsung tampil menekan di awal gim pertama. Namun, Fikri/Bagas dengan cepat membalikkan dominasi permainan.

Pasangan muda itu tampil menekan dan dengan cepat unggul 6-3. Mereka meneruskan performa positifnya dengan membukukan empat angka beruntun dan memimpin 12-6.

Permainan berjalan dengan tempo sangat tinggi. Kedua pasangan memperlihatkan permainan yang memanjakan mata penonton.

Perlahan, Marcus/Kevin mampu menipiskan ketinggalan. Mereka bahkan menyamakan kedudukan 17-17 setelah menorehkan tujuh angka beruntun.

Dan hebatnya, serangan-serangan yang dilancarkan Marcus/Kevin sampai membuat Fikri/Bagas kewalahan. Tambahan dua poin membuat mereka unggul 19-17.

Ternyata, situasi tersebut tak membuat semangat sang junior menurun. Mereka justru kembali menyamakan 19-19.

Pertarungan makin sengit setelah pasangan berjuluk Minions itu memaksakan deuce 20-20. Namun, pada akhirnya Fikri/Bagas bisa menuntaskan dominasi di gim pertama dengan kemenangan 22-20.

Tensi tinggi kembali tersaji di gim kedua. Marcus/Kevin langsung tancap gas dengan memimpin 2-0.

Tapi, Fikri/Bagas dengan leluasa meladeni permainan cepat seniornya di pelatnas Cipayung. Dan momen luar biasa terjadi dalam posisi 4-4.

Kedua pasangan menampilkan aksi memukau dengan kombinasi pukulan dan serangan yang sangat cepat. Poin direbut oleh Marcus/Kevin dan memimpin 5-4.

Minions yang tak ingin kehilangan momentum terus menekan sang junior. Mereka akhirnya bisa memimpin 11-8 pada interval gim kedua.

Usai jeda, penampilan Marcus/Kevin semakin menggila. Mereka dua menorehkan empat poin beruntun di dua kesempatan dan memimpin jauh 19-10. Beberapa poin didapat berkat kesalahan Fikri/Bagas.

Marcus/Kevin akhirnya menuntaskan gim kedua dengan kemenangan 21-13 sekaligus memaksakan rubber game.

Fikri/Bagas secara mengejutkan mampu memimpin 7-2 dengan cepat di gim ketiga. Minions sempat menipiskan jarak di posisi 9-10.

Namun, kondisi tersebut tak mengubah permainan secara keseluruhan. Dengan usia yang lebih muda, Fikri/Bagas mampu tampil lebih konsisten dalam menyerang dan bertahan.

Puncaknya, Fikri/Bagas menuntaskan perang saudara ini dengan kemenangan 21-16.

Di partai final, mereka menunggu pemenang duel Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melawan wakil China, He Ji Ting/Tan Qiang.