3 Negara Perketat Penjagaan di Selat Malaka

Sumber :

VIVAnews - Pemerintah Indonesia bersama Malaysia dan Singapura mengembangkan kelanjutan kerjasama tiga negara menjaga wilayah Selat Malaka. Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono menegaskan, Indonesia berupaya menjadikan negara yang harus mengandalkan alat utama sistem senjata atau alutsista untuk menjaga selat terpadat di dunia itu.

"Yang kita kembangkan kerjasama dengan malaysia untuk pengamanan selat malaka. Jadi pertahanan tidak cuma dihitung dari alutsista yang kita miliki, kita punya potensi lain selain itu yang dapat memberi keuntungan bagi Indonesia yang lebih besar lagi," papar Juwono di kantornya, Jakarta, Selasa, 16 September 2008.

Diakuinya, upaya mengembangkan teknologi alutsista Indonesia terhimpit keterbatasan anggaran. Apalagi, kedepan pemerintah lebih memrioritaskan perekonomian, kesehatan, dan pendidikan ketimbang alutsista.

"Kita tidak perlu khawatir, alutsitsa yang dimiliki Indonesia untuk jenis pesawat tempur saja, kalau Malaysia punya F18, Singapura punya F15, yah Indonesia kan punya Sukhoi," bangga Juwono.