Mobil Wapres Isi Bensin Pakai Jerigen, DPR: Negeri Penuh Sandiwara

Mobil dinas Wakil Presiden diisi bensin dari Jeriken
Sumber :
  • screenshot Twitter

VIVA – Anggota DPR Fraksi Partai Demokrat, Benny K Harman, menyindir aksi pengisian bensin mobil Mercedes Benz milik Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang mogok di pinggir jalan hingga viral. Menurut Benny, negeri ini penuh sandiwara dengan mengunggah video mobil wakil presiden di akun Twitternya.

Menurutnya, masyarakat dipertontonkan banyak drama politik, seperti permainan buronnya Harun Masiku yang menjadi tersangka kasus suap pergantian antar waktu (PAW) calon anggota DPR RI dari PDI Perjuangan. Diduga, Harun memberi suap kepada mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan untuk meloloskannya ke kursi parlemen periode 2019-2024.

“Negeri penuh sandiwara. Dari babak pertama sampai babak akhir senang nontonnya. Diselingi dengan permainan Ci Luk Ba Mr Masiku dan Joko Tjandra lalu tragedi Jiwasraya. Ada juga hiburannya. Apa endingnya, mari kita ikuti. Ci Luk Ba!,” kata Benny dikutip dari Twitter pada Senin, 13 Juli 2020.

Cuitan Benny pun ditimpali warganet. Harusnya, supir mengecek bahan bakar minyak apabila ingin keluar memakai mobil. Padahal, mobil mewah ada meteran kilometer minyak tinggal berapa.

“Tugas supir harus isi minyak penuh/cukup apabila mobil keluar dari garasi, juga tugas dan tanggung jawab bodyguard yang duduk sebelah supir, setiap mobil mewah di meternya ada signal kilometer minyak tinggal berapa, lampu merah nyala kalau kurang minyak,” tulis akun Razak Thaib.

Baca juga: Polisi Ciduk 5 Tersangka Pengedar Narkoba, Sita Sabu 18 Kg

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar membenarkan bahwa benar video tersebut adalah mobil VVIP bernomor RI 2 sedang mengisi bensin dari jerigen di pinggir jalan. Menurut dia, mobil RI 2 diisi bensin pakai jerigen karena tidak ada SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP. Jadi, bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM.

Kemudian, lanjut dia, dalam setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jerigen di mobil teknisi. Sehingga, saat diperlukan pengisian BBM, dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan.

Ia pun menjelaskan, rekaman peristiwa yang beredar tersebut terjadi saat Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020. "Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," kata Oemar.