Viral, Paslon Bupati Pohuwato Gelar Konser Deklarasi saat Pandemi

Konser deklarasi kemenangan Paslon Bupati di Gorontalo.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Sebuah video viral di media sosial merekam kerumunan orang yang disebut menghadiri sebuah konser dangdut di Lapangan GOR Panua, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. Konser tersebut diketahui di gelar pada Kamis, 3 September 2020 lalu.

Menurut informasi yang tersebar, konser tersebut merupakan perayaaan deklarasi pasangan calon Bupati Pohuwato, Saiful Mbuinga dan Suharsi Igirisa, yang mempromosikan diri dengan akronim SMS.

"Konser paslon Bupati Pohuwato Gorontalo. Tidak takut corona. Paslon Saiful A Mbuinga-Suharsi Igirisa (SMS)," tulis akun Twitter @Irwan2yah yang pertama kali mengunggah video tersebut.

Baca juga: Politikus PKS Desak Bakal Calon yang Langgar Saat Pendaftaran Disanksi

Dalam video tersebut terlihat ribuan orang di sebuah lapangan memadati panggung konser yang dihadiri oleh sejumlah artis tersebut. Tak ada jaga jarak, bahkan mereka terlihat berdiri berdesak-desakan dan sebagian besar orang yang tak mengenakan masker meski pandemi COVID-19 masih mengintai.

Diketahui bahwa pasangan calon bupati tersebut mendapatkan dukungan dari sejumlah partai politik seperti Partai Golkar, PDI Perjuangan, PPP, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PBB, Partai Berkarya, Partai Hanura dan Perindo.

Kegiatan yang tidak mematuhi protokol kesehatan ini menuai kritikan dari banyak pihak. Masyarakat menyayangkan kegiatan mengumpulkan massa masih digelar, padahal jumlah pasien COVID-19 terus meningkat dan banyak tenaga medis yang telah gugur akibat virus tersebut.

"Ketika nanti nakes kewalahan menangani pasien positif, janganlah menyalahkan pemerintah. Itu akibat hal2 konyol spt ini," komentar salah seorang warganet.

"Diskualifikasi please. Dari sini aja udah sepele sama keselamatan rakyatnya, gimana ntar. Ga kebayang deh...," kata netizen lainnya. (ase)