Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Viral Foto Jaguar Terluka, Simbol Kehancuran Hutan Raksasa Brasil

Minggu, 27 September 2020 | 06:16 WIB
Oleh :
Foto :
  • bbc
BBC Indonesia

 

Ailton Lara
Foto jaguar yang terluka ini adalah salah satu gambar kebakaran Pantanal yang paling banyak dibagikan

 

Baca Juga

Kebakaran hutan menghancurkan Pantanal, lahan basah tropis terbesar di dunia, yang membentang di kawasan tengah Brasil hingga ke area di negara-negara tetangga, seperti Bolivia dan Paraguay.

Ini adalah kebakaran terburuk yang melanda kawasan itu dalam beberapa dekade terakhir, dan kerusakan fauna dan flora mengkhawatirkan seluruh dunia.

Di wilayah lahan basah itu, api telah merebak di wilayah seluas lebih dari 29.000 kilometer persegi, menurut pihak berwenang Brasil - atau sekitar lebih dari tiga kali luas kota New York, dan diperkirakan 19?ri total area Pantanal.

Banyak penduduk di wilayah tersebut menghadapi kesulitan keuangan dan kesehatan, dan hewan-hewan, termasuk spesies yang terancam punah seperti jaguar, juga berjuang untuk bertahan hidup dari kobaran api.

Ribuan orang telah membagikan foto-foto tragedi daerah tersebut, tetapi tiga diantaranya menjadi viral di media sosial.

Untuk mendapatkan cerita di balik gambar-gambar ini, BBC berbicara kepada para fotografer.

 

 

 

Seekor jaguar yang jatuh

 

Gambar yang pertama diambil oleh Ailton Lara, pemilik perusahaan yang mempromosikan perjalanan mengamati binatang di Pantanal.

Diambil pada pekan tanggal 15 September, foto ini menunjukkan seekor jaguar berbaring di Taman Nasional Bagian Encontro das Aguas, cagar alam dengan konsentrasi jaguar tertinggi di dunia.

 

Jaguar Ecological Reserve
Relawan dan agen polisi hutan berusaha menyelamatkan jaguar dan hewan-hewan lain yang terperangkap oleh api

 

Taman tersebut hampir seluruhnya dilanda api, dan otoritas negara mengatakan bahwa lebih dari 85?ri 108.000 hektare taman telah terbakar.

Lara mengatakan kepada BBC bahwa dia berada di kapal bersama relawan lain yang mencari hewan-hewan terluka yang bisa diselamatkan.

Mereka melihat seekor jaguar jantan saat mendekati kawasan cagar alam.

"Hewan itu berada di dekat air, tetapi setelah kami tiba, ia berjalan sejauh tiga atau empat meter dan pergi ke bawah naungan pohon, di tepi sungai," Lara menjelaskan.

"Kami berhenti di dekatnya sebentar, selalu menjaga jarak dari jaguar itu, menghormati binatang itu."

Lara memotret jaguar itu. Dia mengatakan kepada BBC bahwa jaguar itu mengangkat kakinya ke udara, dan sepertinya tidak bisa menyentuh tanah.

"Biasanya, jaguar meninggalkan bekas jejaknya di tanah. Tapi yang ini telapak kakinya terbakar," tambah pemandu wisata itu.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler