Viral Topik Tsunami 20 Meter, Netizen Ramai-ramai Berdoa

TikTok.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Beberapa hari terakhir publik tengah ramai memperbincangkan gempa kuat di selatan pulau Jawa yang berpotensi menimbulkan tsunami besar. Isu ini berkembang pascatemuan baru yang diungkapkan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report.

Hasil riset tersebut menyebutkan gempa megathrust yang berada di lempeng eurasia di laut lepas Jawa, berpotensi menimbulkan tsunami setinggi 20 meter menuju daratan.

Seiring beredarnya informasi tersebut, muncul berbagai video di media sosial yang membahas ancaman gempa dan tsunami besar itu. Salah satunya diunggah kreator TikTok @tiktokwillykun mengenai fakta tsunami 20 meter, yang viral dikomentari warganet.

"Diperkirakan akan terjadi gelombang tsunami setinggi 20 meter di selatan Pulau Jawa. Data ini berasal dari ilmuwan ITB, bukan dari BMKG. Ilmuwan ITB mengatakan ini bukan statement asal, di mana data ini diambil selama lima tahun dan diambil dari data BMKG tentang gempa di Indonesia," kata kreator tersebut seperti dikutip VIVA pada Minggu 27 September 2020.

Baca juga: Vanuatu Kena 'Tampar' Delegasi RI di Sidang PBB

Dia menyebut berdasarkan data BMKG, siklus gempa dan tsunami telah terjadi selama 500 tahun sekali sehingga nantinya akan ada gempa hingga 9,1 magnitudo yang menyebabkan tsunami hingga 20 meter.

Video tersebut viral dan telah ditonton hingga lebih dari 5 juta kali serta dikomentari beragam oleh warganet. Sebagian besar mengaku khawatir dan berdoa agar bisa terhindar dari bencana.

"Hoax kek plsss plssss plssss, ya Allah jangan biarkan air laut memusnahkan manusia amin," kata seorang netizen mengomentari video itu.

"Guys udah ya ngomongin tsunami. Sumpah nangis kepikiran orgtua aku di kota yg katanya berpotensi kena tsunami di Jawa Timur," ujar warganet.

"Ini hanya perkiraan guys jadi kita banyak banyak berdoa aja ya sama Allah biar ini gak terjadi," kata seorang pengguna TikTok lainnya.