Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Viral Topik Tsunami 20 Meter, Netizen Ramai-ramai Berdoa

Minggu, 27 September 2020 | 12:13 WIB
Foto :
  • U-Report
TikTok.

VIVA – Beberapa hari terakhir publik tengah ramai memperbincangkan gempa kuat di selatan pulau Jawa yang berpotensi menimbulkan tsunami besar. Isu ini berkembang pascatemuan baru yang diungkapkan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report.

Hasil riset tersebut menyebutkan gempa megathrust yang berada di lempeng eurasia di laut lepas Jawa, berpotensi menimbulkan tsunami setinggi 20 meter menuju daratan.

Baca Juga

Seiring beredarnya informasi tersebut, muncul berbagai video di media sosial yang membahas ancaman gempa dan tsunami besar itu. Salah satunya diunggah kreator TikTok @tiktokwillykun mengenai fakta tsunami 20 meter, yang viral dikomentari warganet.

"Diperkirakan akan terjadi gelombang tsunami setinggi 20 meter di selatan Pulau Jawa. Data ini berasal dari ilmuwan ITB, bukan dari BMKG. Ilmuwan ITB mengatakan ini bukan statement asal, di mana data ini diambil selama lima tahun dan diambil dari data BMKG tentang gempa di Indonesia," kata kreator tersebut seperti dikutip VIVA pada Minggu 27 September 2020.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler