Viral Pengemis Mengaku Biasa Dirampas Petugas Dinas Sosial

Pengemis (Ilustrasi)
Sumber :
  • Al Bawaba

VIVA – Aksi oknum petugas Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam berhasil direkam oleh seorang youtuber setelah diduga mengambil paksa uang pengemis di jalanan area Traffic Tight Universitas Internasional Batam (UIB).

Video yang viral ini direkam dan diunggah oleh seorang youtuber bernama Ferry Kesuma. Dalam video berdurasi tiga menit itu, seorang pengemis yang duduk di pinggir jalan mengaku menjadi korban perampasan uang oleh oknum petugas Dinsos. Bahkan insiden itu telah terjadi berulang kali dan dialami oleh banyak pengemis lainnya.

Saat itu pemilik akun YouTube Ferry Kesuma mengaku tengah melintas di perempatan lampu merah ketika melihat pengemis itu dipaksa naik ke mobil. Melihat pengemis itu berontak mintat  tolong, dia langsung menghampiri mobil oknum dari Dinsos berpelat nomor BP 1036 C.

Di dalam mobil terlihat empat orang oknum petugas mengenakan masker dan satu orang pengemis yang sudah diangkut dari perempatan lampu merah. Ketika ditanya ke mana pengemis tersebut hendak dibawa, oknum petugas sempat akan melawan dan akhirnya kabur dari lokasi.

Baca juga: Polisi Kejar Satu Lagi Admin STM Diduga Dalang Rusuh

"Saya kan bolak-balik ditangkap sama mobil Dinas Sosial ini. Kalau sama mobil Satpol PP langsung dibawa ke kantor. Tapi kalau ini uang saja diambil lalu saya dilepaskan karena saya enggak bisa melawan pak. Saya enggak bohong pak," kata pengemis tersebut dalam video seperti dikutip pada Rabu, 21 Oktober 2020.

Pria paruh baya itu mengaku biasanya para pengemis yang ditangkap akan diambil uangnya dan disisakan sedikit untuk ongkos ojek. Biasanya mereka diturunkan di tengah jalan yang relatif sepi. Kejadian itu pun kata dia telah berlangsung beberapa kali.

Video ini viral dan dikomentari oleh warganet. Sebagian besar netizen mengaku kesal dan tidak habis pikir dengan ulah oknum petugas yang tega mengambil uang dari para pengemis tersebut.

"Orang pemerintahan lagi pada kenapa sih? Engga yg jabatan tinggi sampe anak buah doyan bgt duit haram, Enak banget apa duit orang susah? Suka heran kaga ada yg takut dosa pada tuh oknum," ujar seorang warganet.

"Gitu kelakuan biadab lebih randah daripada pengemisnya bang soalnya mereka juga Perlu tuh duit buat mkn sehari hari malah di minta oleh oknum GA Jelas yg mengatasnamakan dinas tertentu!!" ujar netizen lain. (ase)