Ikan Louhan Merah Ini Dibeli Seharga Rp350 Juta, Apa Istimewanya?

Ikan Louhan merah ini dibeli seharga Rp350 juta.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Meski saat ini ikan Cupang sedang booming, nyatanya ikan berkepala jenong atau ikan Louhan ini tetap memikat para peminat pemburu ikan hias. Hal itu terbukti, dari kontes Liga Louhan Indonesia yang digelar di Tangcity Mall, Kota Tangerang.

Satu ikan Louhan jenis Golden Base berhasil menang kontes yang akhirnya dibeli dengan Rp350 juta oleh seorang kolektor asal Surabaya, Jawa Timur. Ikan itu memiliki rupa sangat cantik berwarna pink kemerahan dengan titik keemasan, belum lagi ikan itu memiliki bentuk jenong yang cukup besar.

Pembeli, Rully, yang juga merupakan pemburu ikan hias, menyebutkan dirinya memang sengaja untuk membeli ikan yang ada di kontes tersebut. Dia menyiapkan anggaran kurang lebih Rp1,5 miliar untuk membeli ikan yang menang dalam kontes.

"Memang sengaja mau beli ikan di kontes ini, dan sudah siapkan juga anggarannya. Dan saya sengaja pilih ikan ini, karena selain ikan ini juara dua di kontes, rupanya pun sangat cantik," katanya, Senin, 26 Oktober 2020.

Baca juga: Viral Pedagang Jual Es Ganja di Yogya, tapi Enggak Ditangkap Polisi

Diutarakannya, untuk membeli ikan hias dengan harga yang cukup fantastis ini, dia sengaja mendatangi langsung lokasi penjualan atau kontes.

"Kalau harga yang Rp20 jutaan, biasanya penawaran dari gambar saja, tapi kalau sudah seperti ini, saya datang langsung ke lokasi," ujarnya.

Sementara itu, Chief Foodcourt Tangcity Mall, Iwan Nursandi, mengaku bangga malnya bisa diberi kepercayaan untuk menggelar ajang bergengsi tersebut.

"Kami bangga bisa diberi kepercayaan lagi untuk jadi tuan rumah pameran sekaligus kompetisi ikan hias skala nasional. Apalagi yang mengadakan komunitas pecinta Louhan, yang sama-sama kita tahu punya gengsi tersendiri bagi pemiliknya," ungkapnya.

Dia pun berharap, gelaran serupa bisa dilanjutkan di tempat yang sama. Hingga mal tersebut bisa jadi bagian dari sejarah lahirnya juara-juara baru Tanah Air. (art)