Lumba-lumba Nyasar ke Sungai Aceh, Netizen: Pasti Google Maps Nih

Lumba-lumba nyasar ke sungai berlumpur di Aceh bikin heboh
Sumber :
  • Instagram @ndorobeii

VIVA – Media sosial diramaikan dengan beredarnya sebuah video viral yang merekam penemuaan seekor lumba-lumba yang tersesat di Sungai Krueng Musa, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Dalam video berdurasi singkat yang diunggah akun Instagram @ndorobeii, terlihat tiga orang pria tengah berada di dalam sungai. Kemudian salah satu pria mengenakan kaus biru, mengangkat seekor lumba-lumba kecil berusia remaja, yang diduga tersesat di aliran sungai tersebut.

"Seekor lumba-lumba ditemukan oleh beberapa remaja di Sungai Krueng Musa, Aceh Timur. Tidak diketahui apa penyebab ikan-lumba-lumba yang notabenenya berada di laut tiba-tiba bisa ditemukan di sungai," tulis keterangan video yang diunggah, seperti dikutip pada Rabu, 25 November 2020.

Pria yang mengangkat lumba-lumba tersebut dengan segera kembali menaruh hewan mamalia tersebut ke permukaan air. Menurut informasi, lumba-lumba yang ditemukan pada Sabtu akhir pekan lalu itu sudah dikembalikan ke laut lepas. Namun sayang tidak tertolong lantaran kondisinya yang lemah.

Video ini viral di berbagai platform media sosial dan telah ditonton hingga lebih dari 120 ribu orang. Komentar beragam pun disampaikan oleh warganet yang menyebut mamalia itu memang lumba-lumba yang biasa hidup di air tawar jika dilihat dari bentuknya.

"Pasti gara-gara google map nih," kata salah satu warganet.

"Lumba air tawar kan ada. Di kalimantan namanya pesut mahakam, karena habitatnya di sungai mahakam. Jangan jangan yg di video itu pesut," ujar netizen lain.

"Itu memang lumba lumba air tawar. Dari bentuk mulut yang lebih panjang dari lumba2 yang biasa hidup di laut.. Seperti lumba2 sungai amazon dan lumba lumba araguala," kata warganet lainnya.