Jadi 'Robin Hood' di Tengah Pandemi, YouTuber Ini Bukan Orang Biasa

Tangkapan layar Youtube
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube

VIVA – Pandemi COVID-19 membuat sejumlah orang berpikir kreatif dengan membuat konten video yang berisikan bagi-bagi rezeki kepada yang membutuhkan bantuan. Salah satunya yang dilakukan Basir Hasan dengan akun YouTube Basir Bella Channel.

Sejumlah konten video milik Basir viral jadi perhatian karena aksinya dalam berbagi rezeki dengan pedagang kecil di tengah pandemi. Salah satunya yang menyentuh dalam berbagi kasih dengan penjual gunting kuku yang sudah sepuh berusia 72 tahun. Pun, saat ia ngobrol dan membeli balon dari seorang pedagang yang sudah lansia.

Basir menjelaskan simpati terhadap pedagang kecil yang berusia lanjut, namun tak berharap belas kasihan. Ia salut dengan kemauan dari tipe orang seperti itu. 

Menurutnya, mereka layak dibantu setidaknya dibeli barang dagangannya. Jika ada rezeki lebih, tak ada salahnya untuk memberikan sebagian itu kepada mereka.

"Alhamdulillah bisa berbagai ke beliau, pastinya tidak memandang suku maupun agama. Yang berhak untuk kita bagi, yang berhak untuk kita kasih ya kita beri," kata Basir dikutip dari akun YouTube-nya, Selasa, 29 Desember 2020. 

Photo :
  • Instagram @basirmhasan

Namun, ditelusuri figur Basir ternyata ada yang mengejutkan. Ia diketahui berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. 

Selain itu, youtuber tersebut juga seorang perwira menengah TNI Angkatan Udara (AU) dengan pangkat mayor. Ia kini bertugas di Mabes Dinas TNI AU.

Diketahui, Basir juga pernah tergabung di misi pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dalam Kontingen Garuda di Haiti pada 2012.

Sebagai youtuber pemula, ia punya motivasi khusus. Di tengah kesibukannya sebagai pamen TNI, ia sudah hampir setahun mengelola konten video di YouTube.

Basir menjelaskan alasannya sering bikin video konten karena hanya ingin berbuat baik. Menurut dia, hidup di dunia hanya sebentar maka perbanyak berbuat baik dengan membantu sesama.

"Silakan kita berbuat kebaikan sampai Allah SWT yang menghentikan kebaikan kita," tutur Basir.

"Kita bikin konten ini bukan juga untuk sombong ataupun riya atau lainnya. Kita bikin konten ini untuk mengajak ke semua ke yang mampu berbagi silakan berbagilah. Apalagi di masa sulit saat ini," jelas Basir.

Baca Juga: Viral Ular Kobra Dikasih Makan Mie Instan Layaknya Anak Kos