Viral Video Rafael Malalangi Dibatalkan Kelulusannya Jadi Polisi

Viral Video Rafael Malalangi Dibatalkan kelulusannya sebagai Bintara Polisi 2021 (Instagram/manadocommunity)
Sumber :

VIVA – Video pernyataan protes keluarga Rafael Malalangi viral di media sosial.  Pada pengumuman sebelumnya ia dinyatakan lulus peserta Bintara Polisi 2021, namun kini dibatalkan.

Video protes keluarga Rafael Malalangi diunggah oleh akun Instagram @manadocommunity, Kamis (29/7).

Dalam unggahan video itu menayangkan keluarga Rafael Malalangi menyampaikan protesnya kepada presiden dan kapolri. Penyampaian protes disampaikan oleh bapaknya Rafael langsung.

"Kepada yang terhormat Pak Presiden Jokowi dan kapolri, kami ingin menyampaikan permohonan terkait anak kami yang mengikuti tes penerimaan Bintara Polri 22 Juli 2021.

Pada saat pengumuman dan disiarkan live streaming disaksikan langsung masyarakat, jadi kebanggaan bagi kami. Keluarga kami langsung buat ibadah syukur," ungkapnya.

Tapi hari ini, 29 Juli 2021 kami menerima surat bahwa anak kami dinyatakan tidak lulus dan sudah digantikan oleh orang lain," ujar orang tua Rafael dikutip VIVA, Jumat (30/7).

Selain video protes ini, akun manadocomunity juga menampilkan video rekaman live streaming  pengumuman nama Rafael Malalangi asal Polres Minsel lulus penerimaan Bintara Polri 2021 dengan nomor urut terakhir.

Namun, nasib berkata lain. Surat yang diterima pada 29 Juli 2021, kelulusan Raael Malalangi dinyatakan batal dan digantikan oleh pihak lain.

Diketahui dari manadocommunity, menurut kepolisian Polda Sulut ada salah input data soal angka nilai renang, ada calon siswa lain yang lebih tinggi nilainya.

"Karena kuota terbatas otomatis yang rangking terakhir tidak bisa masuk,” ujar Karo SDM Polda Sulut Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo.