Viral Budhi Sarwono Salah Sebut Menko Luhut Penjahit, Ini Kronologinya

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono
Sumber :
  • Instagram @kabupatenbanjarnegara

VIVA – Salah sebut nama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Bupati Banjarnegara Wing Chin menjadi sorotan dan perbincangan publik. Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono atau yang akrab disapa Wing Chin tengah ramai menjadi perbincangan karena salah mengucap nama Luhut Binsar Pandjaitan dengan nama Luhut Menteri Penjahit. 

Viral Budhi Sarwono Salah Sebut Menko Luhut, Ini Kronologinya

Awal mula Wing Chin menjadi sorotan

Viral sebuah video yang berdurasi sekitar 1 menit 26 detik tersebut diketahui bahwa Wing Chin tengah menjelaskan perkembangan kasus Covid-19 di Banjarnegara. Sejak adanya pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, kasus Covid-19 di Banjarnegara telah menurun.

Ia juga menyampaikan terkait efektifitas penyaluran Jaring Pengaman Sosial (JPS) melalui APBD di masa PPKM. Langkahnya itu untuk menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo yang ditindaklanjuti Menteri Dalam Negeri dan Menko Kemaritiman dan Investasi.

Saat menyebut nama Menko Luhut Binsar Pandjaitan itulah, Wing Chin salah melafalkan. Ia salah menyebut dengan nama Penjahit, yang seharusnya Pandjaitan.

Wing Chin meminta maaf

Setelah video tersebut viral, melalui video yang diunggah di akun Instagram resmi Pemkab Banjarnegara @kabupatenbanjarnegara, Senin (23/8/2021), Wing Chin meminta maaf kepada Luhut.

"Mohon maaf kemarin saya menyebut Menteri Penjahit, karena saya tidak hafal namanya panjang sekali."

"Ini sekarang saya baca yang jelas, ini saya baca dan saya mohon maaf, (yang betul) adalah Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan," jelasnya.

Budhi mengaku tidak bermaksud untuk menghina.

Wing Chin mengaku tidak bermaksud untuk menghina karena kesalahan menyebut nama. Ia mengungkapkan, salah sebut nama itu tak lepas dari kekurangannya, kelemahan dan keterbatasannya.

Karenanya, ia mengaku baru paham hingga bisa menyebut nama Menko Luhut Binsar Pandjaitan dengan sempurna. Bahkan dia mengatakan Demi Allah, demi Rasulullah lahir batin dirinya hanya untuk melaksanakan tugas negara.

Meminta maaf marga Pandjaitan

Wing Chin juga meminta maaf kepada warga Batak dengan marga Pandjaitan. Terutama pada warga dari Tapanuli yang memiliki marga Pandjaitan, yang mana pada waktu itu ia salah mengatakan penjahit karena tidak hafal marga warga Tapanuli.