6 Pohon Angker di Sekitar Rumah yang Diduga Jadi Sarang Makhluk Halus

Pohon beringin.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pohon angker adalah salah satu tempat yang diyakini menjadi rumah untuk para makhluk gaib. Dari sekian banyak barang, tempat, atau area yang kerap dihuni oleh makhluk halus, pepohonan memang dinilai sebagai rumah favorit untuk makhluk tersebut. Meski pohon adalah tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia lantaran memberikan oksigen, menjaga banjir, dan mencegah longsor. Konon katanya, semakin besar, tinggi, dan tua pohon tersebut, maka akan semakin banyak pula makhluk astral yang menempatinya. 

Walaupun sudah memasuki zaman modern, tapi masih ada banyak masyarakat yang meyakini bahwa jenis pohon tertentu dapat menjadi sarang pohon angker. Makhluk halus sendiri adalah makhluk yang tidak kasat mata. Seperti manusia, makhluk halus juga memerlukan tempat tinggal atau yang kerap disebut sebagai sarang makhluk halus. Di Indonesia sendiri banyak jenis pohon yang dikategorikan angker. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Pohon Beringin

Pohon beringin warna-warni di alun-alun Kota Malang Jawa Timur

Photo :
  • VIVA.co.id/Dyah Pitaloka

Sejak zaman dulu, banyak masyarakat yang meyakini bahwa pohon beringin adalah pohon angker. Akan tetapi, tidak semua jenis pohon beringin, tapi hanya yang memenuhi kriteria tertentu seperti yang sudah tua dan telah mempunyai akar menggantung dari atas pohon. Jenis pohon beringin seperti itu yang akan menjadi sarang untuk makhluk halus dan bangsa jin. 

Daun-daunnya yang rindang dan tingginya yang selangin membuat pohon beringin tampak semakin menyeramkan, terutama ketika malam hari. Bahkan, menurut beberapa kepercayaan, terdapat sejumlah hal yang perlu dilakukan untuk merawat pohon ini. Misalnya saat akan ditebang atau dirapikan, sebaiknya melakukan mediasi terlebih dahulu. 

2. Pohon Bambu

Penampakan kuntilanak didekat pohon bambu.

Photo :
  • U-Report

Pohon yang berasal dari negeri China ini terkenal dengan keangkerannya lantaran kehadirannya kerap ditemukan di area pemakaman. Jenis pohon yang satu ini tumbuh bergerombol dan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Namun, bambu juga kerap memiliki kisah angker yang mengerikan terlebih bila tumbuh di area yang sunyi. 

Konon katanya, makhluk halus yang menghuni pohon bambu ini adalah jin dengan mata merah dan wanita yang memakai jubah putih. Umumnya, mereka akan menampakan diri hanya untuk melawan orang-orang yang iseng bertingkah di wilayah kekuasaan mereka. 

3. Pisang

Pohon pisang Tongka Langit.

Photo :
  • U-Report

Pohon angker berikutnya adalah pisang yang kerap ditemukan di area pekarangan rumah, terutama di daerah perkampungan. Jenis pohon buah yang satu ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai tempat angker. Konon katanya, pohon pisang kerap dihuni oleh pocong. 

Namun, selain pocong penghuni gaib lain yang juga senang menempati pohon pisang adalah kuntilanak dan tuyul. Hingga saat ini, kisah pocong dan kuntilanak yang kerap menampakkan diri mereka di sebelah pohon pisang kerap didengar oleh masyarakat di Tanah Air. 

4. Pohon Kapuk

Pohon Kapuk

Photo :
  • Tangkapan Layar

Pohon kapuk atau dikenal juga dengan sebutan pohon randu ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang bisa diperoleh. Mitos yang berkembang tentang pohon angker ini sudah lama berkembang terutama di tengah masyarakat Jawa. Pohon kapuk ini diyakini sebagai tempat tinggal untuk kuntilanak. 

Banyak orang yang mengaku pernah melihat kuntilanak bergelantungan di malam hari saat pohon kapuk ini sedang berbuah. Bahkan, bentuk wajahnya sangat mirip seperti kapas yang tersembul dari pohon randu. Hantu yang satu ini berwarna putih pucat dan menyeramkan. 

5. Pohon Sukun

Daun Sukun

Photo :
  • commons.wikimedia.org

Banyak orang yang menyukai buah pohon sukun, sebab buahnya bisa diolah dengan cara digoreng, ditumis, atau dibuat menjadi asinan. Sukun memang menjadi salah satu buah favorit untuk banyak orang dan pohonnya pun bisa ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. 

Namun, masihkah kamu ingin menanam pohon sukun setelah mengetahui bahwa pohon ini masuk ke dalam daftar pohon angker di Indonesia? Konon katanya, pohon sukun adalah sarang untuk makhluk halus jenis pocong, jin, dan kuntilanak. 

6. Pohon Sawo

Pohon sawo tua berumur 120 tahun

Photo :
  • www.cakrawawasan.com

Pohon yang memiliki nama lain ciku, sawo manila ini adalah salah satu rumah untuk hantu jenis genderuwo dan kuntilanak. Berdasarkan kepercayaan orang tua, anak-anak yang bermain di bawah pohon ciku pada waktu maghrib akan dibutakan pandangannya sehingga mereka akan sangat tersesat. 

Selain itu, pohon sawo manila ini juga adalah rumah untuk kerajaan jin. Maka dari itu, tidak usah berkeliaran di bawah pohon ini jika kamu tidak mau diganggu oleh dua penunggunya.