Video Suporter Ngamuk usai Timnas Kalah dari Malaysia

Keributan suporter di Stadiun GBK Jakarta usai Tim Indonesia kalah dari Malaysia, Kamis malam 5 September 2019
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Kekecewaan sebagian suporter timnas Indonesia usai kesebelasan Merah Putih kalah oleh Malaysia dalam pertandingan di Jakarta Kamis malam dilampiaskan secara negatif. Amukan mereka di Stadion Gelora Bung Karno itu disayangkan banyak pihak.

Usai timnas Indonesia kalah 2-3 dalam pertandingan perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022, para suporter mengamuk. Sempat terjadi keributan antara massa pendukung tuan rumah dan para suporter timnas Malaysia di stadion. 

Bahkan bentrokan juga terjadi di luar stadion antara polisi dan suporter. Menurut laporan VIVAnews, insiden ini bermula ketika suporter Timnas Indonesia berkumpul di depan pintu VVIP. Mereka menanti suporter Malaysia yang hendak keluar stadion. 

Sembari menunggu, suporter Indonesia mengeluarkan cacian sambil sesekali melempar batu. Puncak kejadian, suporter merangsek masuk sambil menggedor kaca.

Mereka sempat ditenangkan oleh pihak keamanan. Namun, emosi yang telah membuncah membuat para suporter sulit dikendalikan. 

Akhirnya, polisi pun menembakkan gas air mata untuk memukul mundur para suporter anarkis. Terjadi perlawanan, hingga salah seorang polisi terluka akibat terkena lemparan batu. 

Kejadian ini sangat disayangkan banyak kalangan. Apalagi Indonesia juga tengah bersiap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. 

"Kita cukup dirugikan dengan kejadian ini. Ini bakal menjadi catatan kurang baik di FIFA," kata bakal calon Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mochammad Iriawan. Dia berharap Indonesia tidak mendapat hukuman berat atas insiden itu. 

Menurut Gatot S. Dewabroto, Sekjen Kemenpora, kalah menang dalam suatu pertandingan itu biasa. Persaingan antar-suporter dalam mendukung tim masing-masing pun hal yang wajar. "Tapi kami tidak mengira bahwa ini, sejauh yang kita lihat untuk event internasional ini, adalah salah satu yang paling buruk," kata Gatot.  

2017/11/ini-bukti-ilmiah-kalau-sumur-zam-zam-mampu-tenggelamkan-bumi.html