Video Si Cantik Pengamen Jalanan Jadi Wisudawan Terbaik Unair

Noviana, wisudawan terbaik Universitas Airlangga tahun 2019.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Seorang pengamen jalanan dikukuhkan sebagai wisudawan terbaik pada Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur. Dia meraih nilai terbaik alias cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,94.

Kisah Noviana untuk mendapatkan gelar dengan predikat lulusan terbaik tidaklah mudah. Terlahir dari pasangan suami-istri Sutrisno dan Karyatingsih, dia hidup serba kekurangan sehingga harus mengamen dari satu tempat ke tempat lain untuk membantu perekonomian keluarganya.

Noviana mengamen bermula ketika kedua orangtuanya sakit keras. Kala itu dua kakaknya mengadu nasib di jalanan. Upaya itu kemudian diikuti saudara dan saudarinya yang lain meski dilarang oleh orangtuanya. Noviana diterima di Fakultas Hukum Unair melalui jalur undangan. Dia mengaku sama sekali tidak berniat berkecimpung di dunia hukum awalnya.

"Perjuangan dan belajar itu bukan hanya waktu kuliah, tapi sejak saya masih kecil. Waktu itu, karena desakan ekonomi, saya dan keluarga saya turun ke jalan. Waktu itu saya masih TK (taman kanak-kanak)," katanya.

Noviana membenarkan bahwa kedua orangtuanya sebenarnya melarang dia mengamen. Tapi karena kami tujuan dan tekadnya untuk membantu orangtua, jadi kami tetap bersikeras mengamen di jalan. "Tapi bapak dan ibu memberikan syarat: ingat, pendidikan nomor satu; tidak boleh ditinggalkan. Jangan dijadikan sumber penghasilan utama di jalanan itu."

Bagaimana Noviana menjalani kehidupan mengamen sembari tetap bersekolah hingga berkuliah dan bahkan berprestasi? Simak penjelasannya dalam video berikut ini:

>