Video Pengamen Cantik Berjuang Jadi Wisudawan Terbaik Unair

Noviana, wisudawan terbaik Univeritas Airlangga Surabaya tahun 2019.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Seorang pengamen jalanan dikukuhkan sebagai wisudawan terbaik pada Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur. Dia meraih nilai terbaik alias cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,94.

Kisah Noviana untuk mendapatkan gelar dengan predikat lulusan terbaik tidaklah mudah. Terlahir dari pasangan suami-istri Sutrisno dan Karyatingsih, dia hidup serba kekurangan sehingga harus mengamen dari satu tempat ke tempat lain untuk membantu perekonomian keluarganya.

Noviana diterima di Fakultas Hukum Unair melalui jalur undangan. Pada semester lima menerima beasiswa untuk menunjang pendidikannya hingga akhir perkuliahan.

Noviana mengamen bermula ketika kedua orangtuanya sakit keras. Kala itu dua kakaknya mengadu nasib di jalanan. Upaya itu kemudian diikuti saudara dan saudarinya yang lain meski dilarang oleh orangtuanya.

Dia menceritakan secara singkat dalam perbincangan dengan tvOne tentang perjalanan hidupnya sejak kanak-kanak dengan mengamen sambil bersekolah hingga kuliah lalu meraih prestasi terbaik saat lulus. Semua bermula ketika orangtuanya sakit dan bersamaan dengan itu becak milik ayahnya dicuri orang.

Simak penuturan mengharukan Noviana dalam video berikut ini:

>

(ren)