VIDEO: Aksi Jet Tempur F-16 TNI Patroli Udara di Langit Natuna

Sumber :

VIVA – TNI tetap berpatroli di sekitar perairan Natuna, Kepulauan Riau, meski kapal-kapal China sudah meninggalkan wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia itu. Komando Gabungan Wilayah I mengerahkan pesawat jet tempur F-16, Boeing Intai Maritim TNI Angkatan Laut, sejumlah kapal perang (KRI), dan kapal Bakamla.

Patroli udara dan laut difokuskan di kawasan terluar Natuna Utara, tepatnya di wilayah ZEE Indonesia. TNI menegaskan, operasi pengamanan dan patroli itu tanpa batas waktu. Aparat terus mengawasi perairan itu dari kemungkinan dimasuki kapal-kapal asing seperti halnya kapal-kapal nelayan China yang dikawal kapal coast guard negara itu.

Panglima Komando Gabungan Wilayah I Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan bahwa kapal-kapal China itu sudah diusir dari perairan Natuna. TNI kian rutin berpatroli di wilayah ZEE itu dengan mengerahkan tujuh kapal perang dan dua pesawat pemantau.

Kapal coast guard China dilaporkan telah memotong jalur atau menelikung pelayaran KRI Usman Harun di perairan ZEE Indonesia di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau. Insiden itu terjadi pada Sabtu pekan lalu dan muncul di sejumlah halaman utama media nasional.