Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Thariqah Alawiyyin, Jalan Anak Cucu Nabi dan Para Pecintanya

Kamis, 21 November 2019 | 09:54 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
Oleh: Raden Pahikall Fikri  Mahasiswa Jurusan IAT UIN Walisongo Semarang

VIVA – Istilah Alawiyyah berawal dari Imam Alawi bin Ubaidullah bin Ahmad Al-Muhajir. Beliau adalah putera dari Ahmad Bin ‘Isa Bin Muhammad Bin ‘Ali Al ‘Uraidhi bin Ja’far Asshidiq yang berasal dari Bashrah, Irak. Beliau melakukan hijrah ke Madinah Al-Munawwaroh hingga ke Yaman (Hadramaut).

Tetapi, istilah Allawiyah pun digunakan bagi siapa saja yang menisbatkan diri kepada Imam Ali bin Abi Thalib. Sementara itu, dalam pandangan Habib Abdurahrahman Bilfaqih menyebutkan bahwa Thariqah ‘Alawiyah itu berasal dari Madyaniah. Yakni tarekat Syeikh Abu Madyan Syu’aib al-Maghrabi. Sedangkan poros dan intinya terletak pada diri seorang Quthb al-Ghauts Syeikh al-Faqih al Muqaddam Muhammad bin ali Ba’ Alawi.

Baca Juga

Al-Faqih Al Muqaddam kemudian memberikan dan mewariskan tarekat ini kepada orang-orang yang saleh yang memiliki maqamat dan ahwal. Karena tarekat Bani Alawi mengutamakan praktik, cita rasa dan rahasia, maka mereka memilih untuk bersikap khumul (menghindari ketenaran), menyembunyikan diri, dan tidak menyusun karya tentang tarekatnya.

Pada periode berikutnya, banyak kaum Alawiyyin yang melakukan perjalanan ke luar Hadramaut dan bertebaran ke tempat-tempat jauh. Kendati demikian mereka masih tetap saling berhubungan antar yang satu dengan lainnya. Oleh karena itulah dibutuhkan usaha untuk menyusun buku dan memberikan penjelasan.

Kemudian munculah beberapa karya yang melapangkan dada dan menyenangkan hati. Berupa bacaan wirid, kitab-kitab fiqh, tassawuf, dan sebagainya. Pasca munculnya karya-karya tersebut, Tarekat Bani Alawi pun tersebar luas dan mengharumkan dunia. Sebab, tarekat ini dikenal di kalangan ahli makrifat dan karya tulis mereka telah tersebar luas.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler