Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Bahaya Penyakit Riya

Kamis, 26 Desember 2019 | 15:16 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
riya

VIVA – Perbuatan manusia yang tanpa didasari keimanan kepada Allah disebut riya’. Sahal al-Tustari mengatakan bahwa riya’ bisa menghilangkan tauhid karena sama dengan syirik kecil.

Menurut Al-Muhasibi, riya’ terbagi menjadi dua bagian, riya’ besar dan riya’ kecil. Orang yang melakukan riya’ besar adalah orang yang melakukan perintah Allah untuk dilihat oleh semua orang tanpa mengharapkan balasan pahala dari Allah Swt.

Baca Juga

Sedangkan orang yang melakukan riya’ kecil adalah orang yang melakukan perintah Allah untuk dilihat orang lain, tetapi masih mengharapkan balasan pahala dari Allah Swt.

Namun, keduanya tetap merupakan bagian dari syirik. Riya’ berasal dari tiga sumber. Pertama, berasal dari cinta kepada pujian. kedua, berasal dari rasa takut dibenci orang lain. Dan yang ketiga adalah tamak kepada keduniaan.

Kemudian Al-Muhasibi berkata bahwa orang yang ingin menghilangkan penyakit riya’ dari dirinya, maka dia harus mengetahui hakikat dari penyakit riya’ tersebut. Kemudian dengan pengetahuannya tentang riya’ akan membuatnya merasa benci terhadap riya’ karena akibatnya yang sangat merugikan seseorang di dunia dan di akhirat.

Dengan hal itu, maka seseorang akan lebih berhati-hati kepada gangguan setan, dan bisa menjaga hatinya dengan penjagaan yang baik.

Namun, pada kenyataannya, dalam kehati-hatian seorang terdapat kesalahan dalam pengamalannya. Dan dalam kesalahan itu terbagi dalam beberapa kelompok. Pertama adalah kelompok yang mengosongkan pikirannya untuk mengingat Allah di hatinya dan berfokus dalam kehati-hatiannya terhadap gangguan setan yang akan datang.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler